Perluas Wawasan, Pemerintah Wacanakan Kirim Kades ke Luar Negeri

| Senin, 03/12/2018 16:52 WIB
Perluas Wawasan, Pemerintah Wacanakan Kirim Kades ke Luar Negeri Presiden Jokowi didampingin Mendes Eko Sandjojo saat mengunjungi Desa Citarik Sukabumi, (Foto: kemendesa.go.id)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, pemerintah berencana mengirim kepala desa (kades) ke luar negeri agar wawasannya meningkat.

"Tahun depan, mudah-mudahan ada pengiriman pendamping desa dan kepala desa serta aparat desa keluar negeri utk belajar melakukan studi banding. Terutama di desa-desa atau daerah yang sudah maju untuk bisa dijadikan desa atau daerah percontohan di Indonesia," kata Mendes PDTT di Bogor, Minggu 2 Desember 2018.

Menurut Eko, program tersebut dapat dilakukan antara Januari atau Februari 2019 mendatang. "Untuk daerahnya bisa juga termasuk Jawa Barat yang memiliki daerah atau desa yang maju akan kami kirimkan,” jelasnya.

Eko menuturkan, nanti kades dan pendemping desa bisa belajar bagaimana pengelolaan pertanian dan juga pelaksanaan badan usaha di desa yang berhasil di negara lain serta keberhasilan lainnya yang bisa di jadikan contoh untuk desanya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini menyampaikan, ada beberapa negara yang menjadi tujuan study banding, seperti Jepang, China, Korea dan Thailand, ”Kita sudah kerja sama dengan bank dunia dan kita akan membicarakan terkait dengan studi banding keluar negeri ini,” ungkapnya.

Tags : Mendes PDTT Eko Sandjojo , Dana Desa ,

Berita Terkait