Gus Yaqut: Ansor dan Banser Komitmen Jaga NKRI

| Senin, 03/12/2018 18:32 WIB
Gus Yaqut: Ansor dan Banser Komitmen Jaga NKRI Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan pidato dalam acara penutupan Kirab Satu Negeri di Ponpes Al Munawwir, Krapyak, Yogyakarta, Jumat (26/10). (Foto: okezonecom)

PEKALONGAN, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, kader Ansor dan Banser harus memiliki komitmen untuk menjaga Indonesia dari rongrongan yang ingin mengubah Indonesia menjadi bentuk lain.

“Kita sebagai kader Ansor dan Banser harus memiliki komitmen tinggi untuk menjaga Indonesia dari setiap upaya yang ingin mengubah Indonesia menjadi bentuk lain,” kata Yaqut Cholil Qoumas di Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu 2 Desember 2018.

Dilansir nu.or.id, pria yang akrab dissipa Gus Yaqut ini mengatakan, para muassis Nahdlatul Ulama (NU) seperti Mbah Hasyim Asy’ari, Mbah Wahab Chasbullah, Mbah Bisri Sansuri, dan lain-lain yang ikut mendirikan Indonesia sudah menyepakati Indonesia milik semua umat.

Para pendiri NU, lanjutnya, jelas memiliki pertimbangan syar’i hingga menyetujui juga Pancasila sebagai ideologi negara. “Jadi, kurang apa lagi? Sebab itulah, kita menolak khilafah Islamiyah karena negara ini sudah sangat Islami dan mengayomi semua umat,” kata Gus Yaqut.

Gus Yaqut mengingatkan, ancaman paling nyata dan dekat saat ini adalah kelompok radikal atau kelompok yang menggunakan agama sebagai alat politik kekuasaan. “Mereka itu hanya punya dua agenda. Pertama, menyalahkan amaliah di luar kelompok mereka, menganggap bid’ah, kafir sehingga layak dianggap musuh,” jelasnya.

“Kedua, agenda mereka jelas merebut kekuasaan dan akan menjadikan negeri ini khilafah Islamiyah,” tukasnya.

Tags : Ansor , Banser ,

Berita Terkait