Neng Eem: Temukan Motif dan Utamakan Keselamatan Pekerja

| Kamis, 06/12/2018 12:46 WIB
Neng Eem: Temukan Motif dan Utamakan Keselamatan Pekerja Neng Eem Marhamah (Anggota Komisi V DPR RI FPKB). (Dok FPKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kapoksi (Ketua Kelompok Fraksi) Partai Kebangkitan Bangsa Komisi V DPR RI Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz berharap agar motif penembakan 31 pekerja PT Istaka Karya yang tengah melakukan pembangunan jalan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, pada Minggu, 2 Desember 2018, bisa segera terungkap. Penanganan kasus ini selanjutnya, kata Neng Eem, sangat ditentukan oleh motif yang melatar belakangi penembakan tersebut. 

“Saya menyampaikan belasungkawa yang sebesar-besarnya untuk keluarga besar PT Istaka Karya dan keluarga korban yang ditinggalkan. Semoga jenazah para korban bisa segera ditemukan dan dikebumikan dengan layak. Dan kita harus memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang lagi,” ungkap Neng Eem di Kompleks Gedung MPR/DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Desember 2018. 

Menurut Neng Eem seperti disampaikan dalam keterangan tertulis, apa yang tengah diupayakan Pemerintah melalui pembangunan berbagai infrastruktur di Papua adalah untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat Papua pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. “Oleh karena itu, resistensi semacam ini harus dipelajari dengan seksama untuk bisa menemukan akar permasalahan yang sesungguhnya,” tegas Neng Eem.

Berbagai proyek pengembangan infrastruktur di Papua, termasuk pembangunan jalan Trans-Papua, lanjut Neng Eem, telah melalui proses diskusi dan pembahasan antara pihak Pemerintah dan Komisi V DPR RI.

“Jatuhnya korban sebagai akibat dari pelaksanaan kesepakatan tersebut menjadi tanggungjawab kita bersama. Saya berharap tidak ada politisi yang menjadikan musibah ini sebagai media untuk memancing di air keruh,” harap Neng Eem.

Menurut Neng Eem, yang perlu dilakukan dengan segera oleh Pemerintah adalah menemukan jasad korban dan mengetahui motif dari insiden penembakan tersebut. Atas dasar itulah nantinya Pemerintah menentukan langkah-langkah selanjutnya, terutama untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

“Kita juga harus memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bagi seluruh pekerja pada berbagai proyek infrastruktur yang tengah gencar-gencarnya dilaksanakan Pemerintah, termasuk di Papua. Jangan sampai para pekerja merasa terintimidasi dan tidak bisa bekerja dengan tenang,” ujar Neng Eem.

Proyek pengembangan infrastruktur darat di Papua akan dibangun sepanjang 4.600 kilometer. Proyek jalan sepanjang itu terbagi menjadi dua bagian yaitu jalan Trans-Papua sepanjang 3.500 kilometer dan jalan perbatasan 1.100 kilometer.

Dari 4.600 kilometer itu, jalan yang belum berhasil ditembus hingga kini sepanjang 945 kilometer untuk Trans Papua dan 286 kilometer untuk jalan perbatasan. Adapun ruas Wamena-Wamugu yang menjadi lokasi penembakan, memiliki panjang 278 kilometer. Ruas tersebut berada di segmen lima dimana akan dibangun pula 35 jembatan. PT Istaka Karya sendiri melakukan pembangunan jembatan di 41 titik di Kabupaten Nduga. 

Tags : Kasus Penembakan , Papua , Perlindungan Pekerja , Neng Eem , PKB

Berita Terkait