Kemnaker Minta Perusahaan Permudah Peserta Pemagangan

| Kamis, 06/12/2018 18:11 WIB
Kemnaker Minta Perusahaan Permudah Peserta Pemagangan Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono (foto: kemnaker.go.id)

BEKASI, RADARBANGSA.COM - Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Bambang Satrio Lelono berharap, perusahaan-perusahaan di Indonesia mulai mempermudah persyaratan bagi peserta pemagangan.

Menurut Bambang, selama ini perusahaan terlihat masih kaku mensyaratkan peserta pemagangan memiliki latar belakang minimal SMA atau sederajat untuk memenuhi persyaratan pendidikan formal.

“Saya menghimbau kepada rekan-rekan di perusahaan, bukalah kesempatan magang bagi lulusan SMP, SD bahkan tidak lulus SD,” kata Bambang di Bekasi, Rabu 5 Desember 2018.

Bambang menuturkan, kalau pun mereka tidak diterima di perusahaan sebagai pekerja baru, setidaknya perusahaan telah membantu meningkatkan kompetensinya sehingga dapat berwirausaha.

Program pemagangan, lanjutnya, merupakan salah satu solusi tepat untuk mengatasi persoalan ketenagakerjaan. “Peserta mendapatkan pengalaman kerja pada dunia kerja yang sesungguhnya, membentuk sikap mental, perilaku kerja serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja,“ tukasnya.

Tags : Pemagangan , Kemnaker ,

Berita Terkait