2019 Menristekdikti Targetkan Buka Fakultas Kedokteran di Untirta

| Kamis, 06/12/2018 19:18 WIB
2019 Menristekdikti Targetkan Buka Fakultas Kedokteran di Untirta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir (doc. istimewa)

SERANG, RADARBANGSA.COM- Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mengatakan akan membuka Fakultas kedokteran di Universitas Negeri Sultan Agen Tirtayasa (Untirta).

Pernyatan tersebut disampai oleh Muhammad Nasir pada saat menjadi pembicara diskusi media "Membangun Indonesia dengan Tenaga Kerja Berkualitas" di Pendopo Gubernur Banten, Serang, dikutip dari Antara, Kamis, 6 Desember 2019.

Menurutnya, Faktultas Kedokteran perlu dikembangkan di Provinsi Banten dan mentargetkan paga Tahun Ajaran 2019 sudah dibuka pendiikan kedokteran.

"Pendidikan dokter ini adalah merupakan pendidikan yang sangat penting dikembangkan di Provinsi Banten. Mengapa, pertama tingkat kesehatan yang ada di Banten masih kurang, perlu kita dorong. Ke dua ketersediaan dokter yang ada di Banten juga rendah, karena tidak ada pendidikan dokter," kata Menteri Nasir.

Menurut Menteri Nasir setiap provinsi minimal punya satu pendidikan kedokteran, termasuk Provinsi Banten. Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan kendala yang harus dihadapi, pendidikan kedokeran itu haru meliputi lima lembaga, yakni Kemenristekdikti, Kemenkes sebagai user, kemudian Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia (ARSPI) dan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

"Dengan Kemenkes sudah clear, ARSPI juga sudah clear. Tinggal IDI dengan KKI. Apa yang harus kita lakukan, bagaimana kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi dalam pendidikan kedokteran ini, yang masih dalam proses," ungkap Nasir.

Harapan dari Menteri Nasir, pada masa penerimaan mahasiswa baru Tahun 2019 diharapkan sudah bisa terwujud fakultas kedokteran di Banten.

Diketahui jika akan membuka Fakultas kedokteran harus melalui koordinasi antara Drijen Pembelajaran dan Dirjen kelembagaan serta pihak kampus dan pemerintah daerah. sementara di Banten sudah ada rumah sakit yang akreditasinya B dan bisa menjadi wadah lembaga pendidikan kedokteran.

Menanggai pernyataan Menteri Nasir, Rektor Untirta, Soleh Hidayat menyambut baik hasil pembicaraan Menristekdikti dan Gubernur Banten Wahidin Halim yang mentargetkan Tahun Ajaran 2019 akan membuka Fakultas kedokteran.

"Alhamdulih, hasil pembicararaan pak menteri dengan pak gubernur tadi, Insha Allah SK-nya nanti akan diserahkan Januari oleh presiden pada saat kunjungan ke Banten," kata Soleh Hidayat.

Tags : Menristekdikti , Muhammad Nasir , Untirta , Banten

Berita Terkait