Pelayanan Haji Meningkat, Ini Pesan Menag

| Kamis, 06/12/2018 21:25 WIB
Pelayanan Haji Meningkat, Ini Pesan Menag Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama RI).

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS),  Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada tahun 1439H/2018M meningkat menjadi 85,23. Atas prestasi tersebut Menteri Agama Lukma Hakim Saifuddin mengaku sangat bersyukur. Hal ini harus menjadi motivasi Kemenag dalam meningkatkan pelayanan haji ke depan.

“Saya bersyukur dengan indeks pelayanan haji 2018,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Bogor, Rabu 5 Desember 2018.

Menteri Lukman mengingatkan kepada sejumlah pihak agar penyelenggaraan haji 2019 menjadi lebih baik. Pertama penerapan fast track pada seluruh bandara pemberangkatan.

“Kalau tahun ini baru dapat kita laksanakan di Bandara Sokarno Hatta, maka usahakan tahun depan sudah dapat dilaksanakan di seluruh bandara,” katanya.

Kedua, lanjut Menag, penempatan jemaah haji berdasarkan sistem zonasi. Hal ini dilakukan agar meningkatkan pelayanan saat haji di Arab Saudi.

“Ketiga, penggunaan air conditioner (AC) di Arafah, tambahnya.

Keempat, Menag berharap pada penyelenggaraan haji 2019, Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyiapkan sistem pelaporan petugas digital.

Tags : Haji 2018 , Pelayanan Haji , Menag ,

Berita Terkait