Cak Imin Ajak Umat Islam Jaga Ukhuwah Wathoniyah

| Jum'at, 14/12/2018 19:40 WIB
Cak Imin Ajak Umat Islam Jaga Ukhuwah Wathoniyah Ketum DPP PKB A Muhaimin Iskandar saat bersilaturahmi di Garus (foto: Labieb, Radarbangsa)

GARUT, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersilaturahmi dengan 300an Kiai dan Ajengan di Pondok Pesantren Al-Halim, Kabupaten Garut, Jawa Barat , Jumat 14 Desember 2018.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin mengajak kepada seluruh umat Islam agar menjaga Ukhuwah Islamiayah, Ukhuwah Wathoniyah dan Ukhuwah Insaniyah. Ketiga ini harus menjadi prinsip dalam kehidupan beragama dan bernegara. 

"Sebagai sesama umat Islam ada tiga hal yang harus diperhatikan, pertama Ukhuwah Islamiyah yakni memelihara dan menghormati sesama umat Islam. Kedua, Ukhuwah Wathoniyah, menghargai dan menghormati sesama anak bangsa. Dan ketiga, Ukhuwah Insaniyah, menghargai sesama manusia," kata Cak Imin saat memberikan keterangan pers.

Kalau tiga prinsip yang dilahirkan oleh NU (Nahdlatul Ulama) ini bisa berjalan, Cak Imin menyakini, meskipun bersaing dan berkompetisi tetap akan tercipta persaudaraan antar sesama anak bangsa.

"Kiai dan ajengan kampung berperan menjaga agar umatnya di kampung-kampung tidak terpengaruh oleh pertempuran (kompetisi) yang memecah." katanya. 

Menurut Cak Imin, ketiga prinsip tersebut selalu dijadikan rujukan oleh PKB termasuk dalam hal berkampanye, "Alhamdulillah itu sudah dijadikan rujukan untuk kampanye PKB yang ada saling santun, menghargai dan menghormati," tukasnya.

Tags : Cak Imin , Kiai Kampung , NU , PKB ,

Berita Terkait