Nur Faizin: Haul Gus Dur Momentum Milenial Mengenal Sang Guru Bangsa

| Sabtu, 15/12/2018 23:05 WIB
Nur Faizin: Haul Gus Dur Momentum Milenial Mengenal Sang Guru Bangsa Nur Faizin Caleg PKB DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Madura (doc. istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Menjelang peringatan wafatnya Presiden RI ke empat KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Madura dari Partai Kebangkitan Bagsa (PKB), Nur Faizin mengatakan bahwa Haul ke-9 ini harus dijadikan momentum mengenalkan sosok sang guru bangsa kepada generasi milenial.

Nur Faizin menilai bahwa generasi milenial membutuhkan kehadiran sosok seperti Gus Dur.

"Hari ini banyak yang mengutamakan bungkus daripada isi, seperti generasi milenial ini sangat membutuhkan kehadiran Gus Dur, untuk sekali lagi mengingatkan: lebih baik minyak onta cap babi ketimbang minyak babi cap onta," demikian pernyataan Nur Faizin yang terima radarbangsa.com, Sabtu, 15 Desember 2018.

Di tengah naiknya gelombang populisme, kata Nur Faizin generasi milenial banyak yang abai dengan sikap toleran, kurang memahami esensi Islam dan bernegara. Ia mengatakan kehadiran karya-karya Gus Dur perlu dihadirkan.

"Gus Dur mengajarkan kita cara menjadi Indonesia yang paripurna dengan berpegang teguh pada sikap toleran, beradab, dan ramah sesuai dengan esensi Islam sebagai agama yang rahmah bagi semesta," ungkapnya.

Ketika ditanya soal apa keteladanan Gus Dur yang perlu dipelajari oleh generasi milenila, Nur Faizin menjawab sulit menyebutkan keteladanannya. Sebagai guru bangsa, Gus Dur keteladanan itu sendiri.

"Sulit untuk menyebut satu contoh keteladanan dari Gus Dur, sebab Gus Dur secara keseluruhan adalah nilai keteladanan itu sendiri. Dalam hal baik apa kita menuju, di situ ada Gus Dur yang bisa kita tiru," pungkasnya.

Tags : Caleg PKB , Haul Gus Dur ,