Menaker: Revolusi Industri Buka Jutaan Pekerjaan Baru, Tapi...

| Minggu, 16/12/2018 18:11 WIB
Menaker: Revolusi Industri Buka Jutaan Pekerjaan Baru, Tapi... M Hanif Dhakiri (Nenteri Ketenagakerjaan RI). (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri mengatakan, revolusi industri 4.0 akan menciptakan 3,7 juta Denis pekerjaan baru. Namun, akan dibarengi dengan beberapa pekerjaan lama yang menghilang.

“Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0, dalam era ini 3,7 Juta Pekerjaan baru akan muncul sebagai dampak ekonomi digital dan 52,6 juta pekerjaan berpotensi akan hilang,” kata Menaker Hanif Dhakiri dilansir kemnakergoid, Sabtu 15 Desember 2018.

Menurut Menaker, dunia industri akan mengalami disrupsi dan mengalami koloborasi beberapa jenis platform baru sehingga menghasilkan jenis industri baru, hal ini berdampak pada jenis pekerjaan dalam industri.

Dalam era revolusi industri 4.0, lanjut Hanif, akan banyak dipengaruhi oleh kehadiran big data. Keberadaan big data memiliki peluang menjanjikan untuk merevolusi dunia industri secara global.

“Dibandingakan dengan era revolusi industri sebelumnya, generasi ke 4.0 lebih sulit untuk diprediksi arah perubahannya. Kehadiran big data menjadi faktor penting yang melandasi perubahan tersebut,” jelasnya.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,

Berita Terkait