Didampingi Cak Imin, Jokowi Singgah di Kamar Tempat Gus Dur Dilahirkan

| Selasa, 18/12/2018 20:10 WIB
Didampingi Cak Imin, Jokowi Singgah di Kamar Tempat Gus Dur Dilahirkan Cak Imin dan Jokowi foto bersama saat mengunjungi sebuah kamar tempat Gus Dur dilahirkan (dok IG @cakiminow)

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Jombang, Jawa Timur (Jatim), Selasa 18 Desember 2018 menyisakan memori yang akan dikenang sepanjang masa. Selain bertemu dengan para kiai, ulama, dan santri yang ada di sana, Jokowi juga menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

Sekitar pukul 10.45 WIB, Jokowi tiba di Jombang dan langsung berkunjung ke Pondok Pesantren Darul `Ulum untuk bersilaturahim dengan para kiai, ulama, dan santri. Selanjutnya, Jokowi meresmikan Rusunawa Universitas Pesantren Darul `Ulum.

Tak berselang lama, Jokowi lalu mengunjungi Ponpes Mamba`ul Ma`arif Denanyar. Di Ponpes yang didirikan KH. Bisri Syansuri ini Jokowi meluncurkan program Bank Wakaf Mikro.

Tak hanya meluncurkan program tersebut, Jokowi juga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu tempat bersejarah di Ponpes Denanyar, yaitu kamar tempat KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dilahirkan.

Momen tersebut secara langsung diabadikan oleh cucu KH. Bisri Syansyuri yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di laman Instagram pribadinya, @cakiminow.

“Di kamar ini Gusdur dilahirkan, ramainya bani Bisri Syansuri berfoto disini bersama Pak Presiden @jokowi,” tulis Cak Imin disertai foto bersama Jokowi dan Bani Bisri Syansuri.

Sore harinya, Jokowi menuju Pondok Pesantren Tebuireng guna meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari. Setibanya di Tebuireng, Jokowi melakukan ziarah ke makam KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur didampingi oleh Menag Lukman Hakim Saifudin.

Silaturrahim tersebut semakin istimewa ketika Gus Sholah mengajak Jokowi berbincang empat mata di sebuah ruangan bersejarah, yaitu kamar hadratusyeikh KH. Hasyim Asy’ari.

Tags : Cak Imin , Jokowi , Gus Dur