Cak Imin dan Menteri Eko Hadiri Sosialisasi Dana Desa di Sukabumi

| Selasa, 15/01/2019 11:34 WIB
Cak Imin dan Menteri Eko Hadiri Sosialisasi Dana Desa di Sukabumi Ratusan masyarakat Sukabumi hadiri sosialisasi dana desa dan program prioritas Kemendes PDTT (foto: radarbangsa.com)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDT) Eko Putro Sandjojo menghadiri gelaran `Sosialisasi Manfaat Dana Desa dan Program Prioritas Kemendes PDTT)` di Kota Sukabumi, Selasa 15 Januari 2019.

"Kami tak menyangka pembangunan infrastruktur di Sukabumi dipercepat oleh Presiden Jokowi terutama jalan Tol menjuju Sukabumi," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan.

Terkait pembangunan desa, Bupati Marwan berharap BUMDes dapat berkontribusi untuk pembangunan desa. Sehingga masyarakat desa maju, mandiri dan sejahtera. "Saya berharap BUMDes di Sukabumi dapat berkontribusi dengan dalam membangun desa," tambahnya.

"Kami berterima kasih kepada Wakil Ketu MPR Pak Muhaimin dan Menteri Desa Eko Sandjojo dapat berkunjung ke daerah kami. Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk memberikan yang terbaik bagi warga Sukabumi," katanya.

Sementara Menteri Eko memaparkan program dana desa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Joko Widodo melalui Kemendes PDTT. Khusus di Kabupaten Sukabumi, pemerintah akan membangun banyak BUMDes Shop yang berada di desa-desa. Nantinya program ini menjadi percontohan untuk daerah lainnya.

"176 Bumdes Shop akan dibangun di Sukabumi, saya minta Pak Bupati agar berhasil karena akan menjadi percontohan daerah lainnya," jelas Eko Sandjojo.

Eko menuturkan bahwa Presiden Jokowi berpesan agar pembangunan infrastruktur dikurangi, dan dialihkan ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat desa. "Dana desa harus berputar di desa-desa dengan pembangunannya melalui skema swakelola," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar bersyukur Program dana desa yang diprogramkan pemerintahan Presiden Jokowi melalui Kemendes PDTT telah dirasakan oleh rakyat. "Saya bersyukur dana desa meski jumlahnya kecil tapi manfaatnya besar dan sudah terasa," kata pria yang akrab disapa Cak Imin saat memberikan sambutan.

Cak Imin menjelaskan, sejak era reformasi pembangunan di daerah dimulai bahkan dimulai sejak Abdurahman Wahid atau Gus Dur menjadi Presiden. Dan pada masa Jokowi terlihat kemajuan pembangunannya. "Kalau desa maju maka Indonesia maju, kalau lapisan bawah maju maka Indonesia maju. Terima kasih Pak Eko Sandjojo, desa dan para pendamping desa yang telah membangun dan memajukan desa," ungkapnya.

Dalam pantauan radarbangsa.com, acara sosiasilasi manfaat desa dihadiri oleh Muhaimin Iskandar, Mendes Eko Sandjojo, Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Anggota DPR RI Jazilul Fawaid, dan sejumlah Dirjen Kemendes serta sejumlah pejabat daerah.

 

Tags : Cak Imin , Menteri Eko Sandjojo , Dana Desa ,

Berita Terkait