Cak Imin: Dana Desa Berhasil Majukan Desa

| Selasa, 15/01/2019 18:06 WIB
Cak Imin: Dana Desa Berhasil Majukan Desa Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar dan Menteri Eko Sandjojo saat memberikan kuis di acara sosialisasi manfaat dana desa di Sukabumi (foto: radarbangsa)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengungkapkan, pembangunan model dana desa yang dicanangkan pemerintah telah berhasil dalam memajukan masyarakat desa.

"Pembangunan dana desa, alhamdulillah berhasil. Pembangunan dengan konsep dana desa ini akan menjadi contoh dan model pembangunan dari bawah, sehingga anggaran semuannya lebih baik digelontorkan di bawah," kata Cak Imin kepada awak media di lokasi sosialisasi manfaat dana desa di Kota Sukabumi, Selasa 15 Januari 2019.

Sementara itu, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo mengatakan, program dana desa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Joko Widodo melalui Kemendes PDTT telah membantu meningkatkan perekonomian di pedesaam.

"Khusus di Kabupaten Sukabumi, pemerintah akan membangun 176 BUMDes Shop yang berada di desa-desa. Nantinya program ini menjadi percontohan untuk daerah lainnya," katanya. 

Namun, lanjut Eko, Presiden Jokowi berpesan agar dana desa tidak lagi difokuskan untuk pembangunan infrastruktur melainkan dialihkan ke pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat desa. "Dana desa harus berputar di desa-desa dengan pembangunannya melalui skema swakelola," tambahnya.

Tags : Cak Imin , Dana Desa ,

Berita Terkait