Menteri Eko: Dana Desa Prioritaskan Pengembangan Ekonomi dan SDM

| Rabu, 16/01/2019 18:10 WIB
Menteri Eko: Dana Desa Prioritaskan Pengembangan Ekonomi dan SDM Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo (foto: radarbangsacom)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa pada tahun anggaran 2019, dana desa akan memprioritaskan pada pengembangan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat perdesaan.

 

"Tolong sama-sama dibantu untuk diawasi. Terus kerja keras, jangan kendor," kata Mendes PDTT Eko Sandjojo kepada peserta sosialisasi manfaat dana desa di Sukabumi, Selasa 15 Januari 2019.

Menurut Eko, pembangunan infrastruktur dari dana desa telah memberikan pengaruh signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan di desa.  "2018, kemiskinan di desa menurun 1,29 juta jiwa atau dua kali lipat lebih tinggi dari penurunan angka kemiskinan di kota yang berjumlah 500 ribuan jiwa," jelasnya.

"Untuk pertama kali angka kemiskinan turun menjadi single digit menjadi 9,82 persen," tambahnya.

Eko bersyukur, dana desa telah memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan per kapita masyarakat desa. Pasalnya, dalam empat tahun terakhir, pendapatan perkapita desa naik hampir 50 persen yakni dari dari Rp 572 ribu menjadi Rp 804 ribu perkapita per bulan.

"Kita juga berhasil membantu menurunkan angka stunting dari 37,2 persen menjadi 30,8 persen. Kalau kita bisa konsisten mempertahankan ini (penurunan stunting), dalam waktu sepuluh tahun Indonesia akan terbebas dari stunting," tukasnya. 

Tags : Dana Desa , Mendes PDTT Eko Sandjojo , SDM ,

Berita Terkait