Di Depan Mahasiswa IAIDA, Nihayah: Amalkan Pancasila

| Kamis, 17/01/2019 09:12 WIB
Di Depan Mahasiswa IAIDA, Nihayah: Amalkan Pancasila Anggota MPR RI FPKB, Nihayatul Wafiroh memaparkan materi Sosialisasi 4 pilar kebangsaan di IAIDA Darussalam, Banyuwangi (dok Nihayah Center)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nihayatul Wafiroh mendorong wawasan dan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa tidak boleh luntur dan terpengaruh ragam ideologi radikal yang kini banyak bertebaran di dalam kampus.

“Mahasiswa tidak boleh terlena dengan berbagai macam ideologi radikal. Pancasila kita sudah jelas mengamanatkan pentingnya persatuan. Kalau semua mengamalkan ini, saya yakin bangsa Indonesia akan aman dan damai,” kata Nihayah saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan di kampus IAIDA Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Rabu 16 Januari 2019.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini menegaskan pentingnya penghayatan dan pengamalan empat pilar oleh seluruh civitas akademika. Tidak hanya dalam kehidupan berbangsa bernegara, tapi juga dalam kehidupan kampus.

Mahasiswa diharapkan dapat menjadikan empat pilar tersebut sebagai penunjang peranannya sebagai agen perubahan kelak di masyarakat. “Kalau ini bisa dioptimalkan, saya optimis bangsa Indonesia akan jadi bangsa yang maju,” papar Nihayah.

Nihayah mengatakan, empat pilar memuat banyak nilai yang mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika patut dihayati serta diamalkan mahasiswa dengan komitmen dan ucapan yang bisa dipegang.

Usai pemaparan materi, sosialisasi yang diikuti oleh 150 mahasiswa dari berbagai jenjang ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para mahasiswa antusias berdiskusi dan mengutarakan berbagai pertanyaan kepada peraih Wakil Rakyat Terbaik 2018 versi Panggung Indonesia itu.

Mereka menanyakan tujuan dan ketepatan sasaran sosialisasi, termasuk usulan sosialisasi semacam ini hendaknya diikuti pula oleh pejabat dan pemangku kepentingan agar lebih peka dalam melaksanakan amanah dari rakyat.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Sosialisasi , Pancasila

Berita Terkait