PBNU dan BMKG Jajaki Kerjasama Pengembangan Informasi Bidang MKG

| Selasa, 12/02/2019 21:23 WIB
PBNU dan BMKG Jajaki Kerjasama Pengembangan Informasi Bidang MKG Ketua PBNU KH Said Aqil Siradj dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menandatangani kerja sama Pemanfaatan dan Pengembangan Informasi bidang MKG di gedung PBNU, Selasa (12/2). (Foto: timesindonesiacoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pengurus besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menerima kunjungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di gedung PBNU, Jl Kramat raya, Jakarta, Selasa, 12 Februari 2019. Pertemuan tersebut menandatangani nota kesepahaman (MoU) yang berisi Pemanfaatan dan pengembangan Informasi di Bidang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG).

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dan kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dalam kesempatan tersebut, Dwikorita mengungkapkan bahwa pihaknya mengemban amanah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan bahaya cuaca, iklim, gempa, dan tsunami. Sehingga, pihaknya dalam upaya menyebarluaskan informasi ke masyarakat tentang berbagai ancaman tersebut membutuhkan NU sebagai organisasi yang memiliki banyak pengikut.

"Tentunya kami dengan kerja sama ini dapat mempercepat penyebarluasan informasi untuk keselamatan masyarakat. Melalui jejaring NU, itu kan (NU) sangat luas dan kuat di penjuru tanah air, dan jejaring itu sangat diperlukan untuk penyebarluasan informasi keselamatan," terangnya.

Ia mengatakan, selain penyebaran informasi tentang berbagai ancaman alam, BMKG juga perlu menyebarluaskan informasi tentang produktifitas pembangunan, seperti para petani dan para nelayan.

“Itu (petani dan nelayan) membutuhkan informasi-informasi cuaca dan iklim. Nah, melalui NU, kami bisa menggalakkan sekolah lapang iklim kepada patra nelayan, para petani sehingga dapat meningkatkan produktifitas panennya dengan menyesuaikan, beradaptasi denga kondisi cuaca dan iklim yang ada,” ujarnya seperti dilansir dari nu.or.id.

Sementara Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI PBNU) M Ali Yusuf menyambut baik kerja sama antara ini. Sebabnya, NU yang memiliki basis massa di pedesaan dapat berperan menyebarluaskan informasi dengan bahasa yang bisa dipahami masyarakat.

“Tugas kami nantinya menterjemahkan itu dengan bahasa yang sangat lokal, sehingga mudah dan kemudian bisa (dimengerti) oleh masyarakat untuk mendukung keselamatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ali.

Pada MoU tersebut, Kiai Said didampingi sejumlah pengurus harian PBNU serta sejumlah pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI PBNU). Sementara Dwikorita didampingi Sekretaris Utama BMKG Untung Merdijanto, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Darwahyuniati, dan Kepala Bagian Kerja Sama Anni Arumsari.

Tags : PBNU , BMKG

Berita Terkait