Cak Imin Akui Pengaruh Simbol ke-Islaman Jelang Pemilu 2019

| Jum'at, 15/02/2019 22:56 WIB
Cak Imin Akui Pengaruh Simbol ke-Islaman Jelang Pemilu 2019 Wakil Ketua MPR RI, A Muhaimin Iskandar (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Jelang Pemilu 2019, tensi politik makin memanas antara kandidat dan para tim sukses. Hal ini terlihat dengan munculnya politik identitas serta simbol-simbol ke-Islaman, dan itu sengaja diekspos oleh kedua kandidat.

Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyarankan, untuk meminimalisir terjadinya politik identitas perlu adanya diskusi-diskusi tentang ke-Islaman yang digagas Islam Nusantara Center (INC).

“Saat ini, jelang pemilu April 2019, kajian seputar Islam dan NKRI, menemukan momentum yang sangat tepat. Apalagi, gerakan ke-Islaman dan simbol-simbolnya turut terdongkrak selama tahun politik ini”, kata Cak Imin dalam diskusi yang diselenggarakan Islam Nusantara Center di rumah dinas Wakil Ketua MPR, kompleks Widya Chandra, Jumat 15 Februari 2019.

Dua orang narasumber ikut menyampaikan pemikirannya untuk membahas tema Jejak Politik Santri Menyatukan Negeri. Keduanya adalah, sejarawan Zainul Milal Bizawie atau Gus Milal dan Ahmad Ginandjar Sya’ban direktur Islam Nusantara Center (INC).

Sayangnya menurut Cak Imin yang juga panglima santri, keberadaan Islam Nusantara sendiri belum sepenuhnya diterima di seluruh Indonesia. Bahkan masih ada beberapa daerah yang menolak kehadiran Islam Nusantara. Antara lain, Sumatera Barat dan Riau.

“Ini adalah tantangan bagi Islam Nusantara agar bisa mengembangkan sayap dan bisa diterima semua kelompok masyarakat dengan damai. Apalagi, perbedaan antara NU dan Muhammadiyah sudah semakin kecil”, kata Cak Imin menambahkan.

Dinamika ke-Islaman yang terjadi pada tahun politik masih cukup kondusif. Asalkan, tidak terjadi pendangkalan dan kekeringan politik. Dalam hal ini tidak takut kalah dan tidak takut menang.

“Saya berharap kedua belah pihak, baik yang menang atau kalah, harus mampu menahan diri agar tidak menimbulkan ancaman bagi keutuhan bangsa dan negara,” tukas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Islam Nusantara , Pemilu 2019

Berita Terkait