Jokowi Sindir Lahan Ratusan Ribu Hektare di Debat, Pengamat: Prabowo Tersudut

| Senin, 18/02/2019 11:51 WIB
Jokowi Sindir Lahan Ratusan Ribu Hektare di Debat, Pengamat: Prabowo Tersudut KPU menetapkan pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai peserta Pemilihan Presiden 2019. (Foto: sumutpos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Arena debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019 penuh sorak saat capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan rivalnya Prabowo Subianto memiliki ratusan ribu hektare lahan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi setelah dia menyampaikan pencapaian pemerintah dalam pengelolaan lahan. Salah satunya dengan membagikan sertifikat pada masyarakat yang membutuhkan.

Sertifikat-sertifikat tersebut kata Jokowi tidak dibagikannya pada lahan-lahan yang besar. Sebab sebelumnya, Prabowo menyindir apa yang dilakukan Jokowi berdampak pada tidak akan ada lagi lahan bagi anak-cucu kelak.

"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," ujar Jokowi.

Apa yang disampaikan Jokowi itu, baru sempat dijawab Prabowo di ujung acara debat. Prabowo mengaku memiliki lahan tersebut, tapi semua itu hanya Hak Guna Usaha (HGU).

Sementara itu, pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie menyatakan isu agraria membuat Jokowi unggul dalam debat kemarin. Menurut Jerry, Prabowo agaknya tersudut dalam sektor ini.

Di segmen ini Jerry menilai Jokowi tampil memukau dengan grand design yang dipaparkan bahkan road map-nya. Apalagi Jokowi sempat membuat Prabowo kaget saat mengungkap lahan Prabowo di Kaltim dan Aceh Tengah tersebut.

"Prabowo berapa kali saya nilai tak dapat melanjutkan debat dan ikut dengan pernyataan Jokowi. Bagi saya Prabowo under pressure, nampak terkesan dengan data yang disampaikan Jokowi, dia tak punya senjata pamungkas," kata Jerry.

Tags : Jokowi , Prabowo , Debat Pilpres