Kemnaker Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama BLK Komunitas 2019

| Rabu, 20/02/2019 12:02 WIB
Kemnaker Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama BLK Komunitas 2019 Menteri Hanif Dhakiri sedang memberikan sambutan pada acara pendandatanganan Kerjasama BLK Komunitas di Hotel Sahid (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dalam rangka menjalankan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan tahun 2019 sebagai tahun pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan vokasi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengalokasikan untuk mendirikan 1000 BLK Komunitas di pondok pesantren, se-Indonesia.

Untuk merealisasikan pendirian 1000 BLK Komunitas tersebut, Kemnaker melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama Balai Latihan Kerja Komunitas 2019 tahap pertama kepada 500 Pondok Pesantren di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu 20 Februari 2018.

Acara penandatangan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri, Menteri Sektretaris Negara Pratikno, Ketua Umum Kadin Pusat Rosan Perkasa Roeslani serta ribuan kiai dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri berharap, penandatangan perjanjian kerjasama BLK Komunitas dapat menjadi awal komitmen nyata bagi masyarakat untuk turut serta aktif dalam mempercepat peningkatan Kompetensi SDM Indonesia.

"Saya berharap, hal ini menjadi langkah awal dalam komitmen nyata bagi masyarakat dalam meningkatkan kompetensi SDM," kata Menaker Hanif Dhakiri.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan, target Pemerintah mendirikan 1000 BLK Komunitas di Pondok Pesantren memang masih terbilang sedikit karena jumlah Ponpes di Indonesia mencapai puluhan ribu.

"Tahun depan kita bangun 3000 BLK," kata Presiden. 

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kemnaker memberi bantuan berupa pembangunan 1 unit gedung workshop, peralatan pelatihan, operasional kelembagaan. Sementara kejuruan yang ada di BLK adalah kejuruan otomotif, las, hasil pertanian, perikanan, menjahit, teknik listrik, industri kreatif dan bahasa.

Tags : BLK , Kemnaker ,