Wakili Indonesia, Menlu Bakal Hadiri KTT HAM PBB

| Kamis, 21/02/2019 20:40 WIB
Wakili Indonesia, Menlu Bakal Hadiri KTT HAM PBB Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi akan menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Sidang Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) di Jenewa, Swiss pada tanggal 25-28 Februari 2019. Hal itu disampaikan juru Bicara kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Kamis, 21 Februari 2019.

"Sesi ke-40 pertemuan Sidang Dewan HAM PBB ini akan dihadiri oleh pejabat setingkat menteri, kepala negara, dan kepala pemerintahan," kata Arrmanatha.

Dilansir dari kompas.com, sidang Dewan HAM PBB akan berlangsung pada 25 Februari hingga 22 Maret 2019 dengan beberapa agenda yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama.

"Menlu RI hadir dalam sidang Dewan HAM PBB sebagai bentuk komitmen Indonesia dalam upaya pemajuan nilai-nilai HAM dan tentu yang selaras dengan kepentingan nasional Indonesia,"kata Direktur HAM dan Kemanusiaan Kemenlu Achsanul Habib.

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tolok ukur di kawasan Asia-pasifik untuk isu dan upaya pemajuan nilai-nilai hak asasi manusia.

"Dalam pertemuan Dewan HAM PBB itu, Menlu akan menyampaikan pokok-pokok pikiran dan posisi Indonesia serta capaian domestik dan regional Indonesia dalam isu pemajuan HAM," jelasnya.

Achsanul menuturkan, beberapa isu kawasan akan dibawa dalam agenda dan dibahas dalam partisipasi Indonesia di Sidang Dewan HAM PBB, antara lain isu Palestina dan Myanmar. Selain itu juga ada beberapa isu yang akan menjadi perhatian Indonesia seperti hak sipil, ekonomi dan sosial budaya, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, serta hak-hak penyandang disabilitas. 

Tags : KTT , Dewan HAM PBB , Indonesia , Menlu RI

Berita Terkait