Hadiri Munas dan Konbes NU, Presiden RI: Terima Kasih NU!

| Rabu, 27/02/2019 17:49 WIB
Hadiri Munas dan Konbes NU, Presiden RI: Terima Kasih NU! Presiden RI Joko Widodo disambut oleh pimpinan PBNU saat menghadiri pembukaan Munas dan Konbes NU tahun 2019 di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Citangkolo, Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (27/2). (Foto: IG @robikinemhas)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Munas Alim Ulama dan Konbes NU, Rabu, 27 Februari 2019 di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Azhar, Citangkolo, Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat. Pembukaan acara Munas ditandai dengan menabuh alat musik tradisional angklung oleh Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Nahdlatul Ulama (NU) karena perannya selama ini untuk agama, masyarakat, bangsa, dan negara. NU, menurutnya tidak hanya berjuang untuk bangsa dan negara, tetapi telah memberikan kontribusi besar dalam menjaga dan merawat Negara.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, karena NU sebagai jam`iyah terbesar di Indonesia bahkan di dunia, sudah memberikan kontribusi besar dalam menjaga dan merawat Indonesia," kata Jokowi saat pembukaan Munas dan Konbes NU tahun 2019 di Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu, 27 Februari 2019.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, sejak dulu NU selalu berada di garis terdepan baik saat berjuang dalam kemerdekaan Indonesia maupun menjaga Negara Indonesia dari kelompok-kelompok yang ingin mengubah dasar negara.

"NU juga terdepan dalam menjaga bangsa dan negara. Oancasila sebagai konsensus bersama bangsa Indonesia penting selalu dijaga," tuturnya.

Jokowi juga mengapresiasi tema yang diangkat dalam Munas dan Konbes NU kali ini "Memperkuat Ukhuwah Wathoniyah Untuk Kedaulatan Rakyat". "Tema ini sangat penting untuk menegaskan komitmen yang kuat demi kedaulatan bangsa tercinta," pungkasnya.

Diketahui, acara pembukaan Munas dan Konbes NU dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional, di antaranya Mustasyar PBNU KH Ma’ruf Amin, Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, serta kiai dan ulama dari berbagai daerah. Selain itu juga hadir kepala daerah dan pejabat negara seperti Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Jawa Timur, kemudian sejumlah menteri kabinet kerja dan ulama internasional.

Tags : Munas dan Konbes NU , Nahdlatul Ulama , Presiden RI

Berita Terkait