Peran NU Wujudkan Perdamaian Dunia Buat Dubes Pakistan Terkesan

| Rabu, 06/03/2019 22:27 WIB
Peran NU Wujudkan Perdamaian Dunia Buat Dubes Pakistan Terkesan Duta Besar Pakistan menyerahkan plakat kepada Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj saat berkunjung ke Kantor PBNU, Jakarta, Rabu (6/3). (Foto: Nu Online)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Duta Besar Pakistan Abdul Khalik Salik Khan mengaku terkesan terhadap peran yang selama ini dilakukan oleh Nahdlatul Ulama (NU) dalam upaya membangun perdamaian di dunia melalui sikap yang moderat dan toleran. Selain itu, ia juga terkesan karena NU selama ini melakukan banyak hal melalui dunia pendidikan dan kesehatan.

"Kami sangat terkesan dengan semua hal yang telah dilakukan Nahdlatul ulama. Peran utama ulama (memang) adalah penjembatan Islam moderat yang selama ini ditekankan oleh NU," kata Dubes Pakistan saat berkunjung ke kantor PBNU, Jakarta, Rabu, 6 Maret 2019.

Menurutnya, perdamaian yang telah dilakukan NU bukan hanya untuk internal umat Islam, melainkan juga untuk dunia internasional. Dirinya mengaku setuju dengan upaya yang telah dilakukan NU untuk perdamian.

“Kami setuju dengan pendekatan yang dilakukan NU, maka pesan damai ini lah yang juga kami tekankan,” ucapnya.

Ia mengatakan, umat Islam sudah seharusnya menunjukkan kepada dunia tentang moderatisme dan toleransi, serta bagaimana menjaga hubungan baik dengan penganut agama lain. NU sendiri, menurutnya, bukan hanya berbicara, tapi telah melakukannya.

“Inilah yang sebenarnya telah di lakukan dan kami sangat menghargai apa yang telah dilakukan NU. NU sudah melakukan hal itu saya sangat setuju,” jelasnya.

Sebaliknya, ia menyampaikan bahwa radikalisme dan terorisme merupakan hal berbahaya dan bukan ajaran Islam. Islam, menurutnya, agama yang toleran sebagaimana yang diajarkan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW.

“Inilah pesan toleransi yang harus kita tekankan di dunia Islam maupun secara luas,” ucapnya.

Dia menegaskan, orang-orang yang terlibat dalam aktivitas radikalisme dan terorisme merupakan orang-orang yang salah dalam memahami ajaran Islam. 

Tags : Dubes Pakistan , PBNU , Perdamaian Dunia

Berita Terkait