Cak Imin: Jokowi Punya Komitmen Kuat untuk Santri

| Rabu, 13/03/2019 22:42 WIB
Cak Imin: Jokowi Punya Komitmen Kuat untuk Santri Cak Imin dan Jokowi foto bersama saat mengunjungi sebuah kamar tempat Gus Dur dilahirkan. (dok IG @cakiminow)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berkumpul dengan para Kiai di Jawa Tengah dalam acara Silaturahim Masayikh dan Alumni Pondok Pesantren Lirboyo dan Al Falah, Ploso, Kediri, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Kota Salatiga itu, Cak Imin menggalang konsolidasi untuk memenangkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma`ruf Amin. Di depan para Kiai, Cak Imin menegaskan bahwa Jokowi terbukti memiliki komitmen pada santri.

"Kenapa harus memilih Pak Jokowi dan KH Ma`ruf Amin? Karena pasangan ini yang telah terbukti memiliki komitmen kuat terhadap kalangan santri," ujar Cak Imin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13 Maret 2019.

Komitmen tersebut, lanjutnya, ditunjukkan dengan berbagai program yang pro santri, serta menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional sebagai pengakuan atas jasa para kiai dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta keutuhan NKRI.

"Apalagi KH Ma`ruf Amin adalah Rais `Aam Nahdlatul Ulama," tegasnya.

Sementara itu, KH Zainuddin Jazuli Ustman dari Al-Falah Ploso menegaskan bahwa para kiai tak hanya memerintahkan kepada santri untuk memilih pasangan Jokowi-Kiai Ma`ruf, tapi juga harus mengembangkan PKB.

Karena, ungkapnya, masalah politik saat ini sama seperti jihad. Jika dulu jihad identik dengan perang, saat ini jihad di Indonesia adalah jihad politik untuk memilih pemimpin yang sesuai dengan akidah Islam Ahlussunnah waljamaah.

Diketahui, sejumlah kiai sepuh turut hadir dalam acara ini diantaranya KH Abdulloh Kafabihi dari Lirboyo Kediri, KH Anwar Manshur, KH Zainuddin Jazuli Ustman dari Al-Falah Ploso, dan KH Anwar Iskandar dari Al Amin Kediri. 

Tags : Cak Imin , Jokowi , Santri , Pilpres 2019