UMKM Perdesaan Bisa Masuk Lewat BUMDes dan Prukades

| Sabtu, 16/03/2019 19:00 WIB
UMKM Perdesaan Bisa Masuk Lewat BUMDes dan Prukades Menteri Eko Sandjojo bicara pembangunan desa di hadapan siswa Akademi Pembangunan Desa Bengkulu (foto: kemendesgoid)

BENGKULU, RADABANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perdesaan bisa kerjasama dengan BUMDes dan Prukades dalam memasarkan produknya.

"UMKM perdesaan saat ini sulit untuk mendapatkan pasar. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan BUMDes dan Prukades, nantinya akan dapat memberikan kesempatan yang banyak kepada UMKM," kata Menteri Eko P Sandjojo dilansir kemendesgoid, Sabtu 16 Maret 2019.

Menurut Eko Sandjojo, kesulitan UMKM untuk bersaing di pasar besar disebabkan masih minimnya infrastruktur, akses teknologi dan sumber daya untuk bersaing dengan produk dengan label besar.

Namun di Bengkulu, kata politisi PKB itu, memiliki potensi ekonomi kreatif dan UMKM yang besar. Selain pasar, menurutnya, UMKM juga membutuhkan ketersediaan infrastruktur untuk mempermudah proses produksi dan akses.

"Di Bengkulu alamnya, SDM-nya (Sumber Daya Manusia) banyak. Tanahnya subur, tapi ada masalah di infrastruktur. Agar UMKM bisa berjalan, kita harus membantu Provinsi Bengkulu untuk merebut program-program infrastruktur di pusat," tukas Caleg nomor urut 1 dari PKB Dapil Bengkulu itu.

Tags : BMUDes , Prukades , UMKM ,

Berita Terkait