Kepala Disnakertrans Lampung Ingin Fasilitas K3 Ditingkatkan

| Senin, 18/03/2019 21:36 WIB
Kepala Disnakertrans Lampung Ingin Fasilitas K3 Ditingkatkan Peserta Temu Teknis Penaggungjawab K3 Nasional berswafoto usai kegiatan di Lampung (dok @KemnakerRI)

LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - Kesadaran perusahaan-perusahaan dalam mewujudkan tempat kerja yang aman, selamat dan sehat mendapat perhatian utama dari kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung, Lukmansyah berujar, perusahaan-perusahaan sudah seharusnya menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), terutama di Provinsi Lampung.

“Penerapan K3 harus didukung dengan peningkatan fasilitas pendukung dan standarisasi keselamatan kerja dan evaluasinya," kata Lukmansyah usai menghadiri temu teknis penanggungjawab K3 nasional, di Bandar Lampung, Senin 18 Maret 2019.

Menurut Lukmansyah, terobosan dari kemnaker tentang K3 sejauh ini terus digodok. Pihaknya berkomitmen dan berusaha meminimalkan insiden kecelakaan kerja, meski potensi kecelakaan kerja pasti ada.

Sejak tahun 2010, Provinsi Lampung selalu meraih penghargaan Anugerah K3 dari Kementerian Ketenagakerjaan atas keberhasilannya meraih ‘Zero Accident’.

Sebelumnya Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan Keselamatan Kerja Kemnaker, Sugeng Priyanto menilai penerapan K3 harus terus dikembangkan. Dia menilai K3 sangat penting mengingat pesatnya perkembangan teknologi, khususnya memasuki era revolusi industri 4.0, yang menekankan pada pola serba digital.

“Kita harus menyikapi perkembangan teknologi ini dengan mengembangkan aplikasi data base K3, khususnya dalam memproses dan menganalisis data yang diperoleh dilapangan,” katanya.

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan , K3 ,