Cak Imin Sebut Wacana UN Dihapus Bikin Siswa Malas Belajar

| Selasa, 19/03/2019 08:04 WIB
Cak Imin Sebut Wacana UN Dihapus Bikin Siswa Malas Belajar

JOMBANG, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar menanggapi wacana Cawapres 02 Sandiaga Uno yang akan menghapus Ujian Nasional (UN) jika nanti terpilih.

Menurut Cak Imin (sapaan akrab Muhaimin), penghapusan UN justru bakal menimbulkan polemik dan mengakibatkan para siswa malas belajar.

“(Penghapusan UN) Jadi bikin malas belajar itu," kata Cak Imin di Jombang, Senin 18 Maret 2019 sore.

Dewan penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) ini menilai wacana tersebut tak mungkin diminati oleh siswa yang memiliki semangat belajar tinggi.

Sebaliknya, mereka yang pusing dan merasa terbebani dengan UN saja yang akan tertarik menghiraukan wacana tersebut.

“Tentu itu isu yang orang lagi pusing mikirin UN jadi tertarik. Itu saja tujuannya," ujar Cak Imin.

Diketahui, terkait kurikulum pendidikan, Sandiaga akan memfokuskan kepada pembangunan karakter budi pekerti. Sandiaga lantas mengutip pernyataan seorang pelajar asal Pamekasan bernama Salsabila Umar yang mengeluh kurikulum yang terlalu berat.

Dia pun berjanji akan menghapus UN dan menggantinya dengan program penerusan minat dan bakat. "Kami akan menghapus ujian nasional. Ini adalah biaya pendidikan tinggi. UN tidak berkeadilan. Kami ganti dengan penerusan minta dan bakat. Mereka (pelajar) akan mampu diarahkan ke ekonomi kreatif atau bidang lain sesuai kemampuannya," ucap Sandi kala itu.

Tags : Cak Imin , UN , TKN , Sandiaga

Berita Terkait