Menaker Hanif Dhakiri Ingatkan Pentingnya Investasi SDM

| Rabu, 20/03/2019 16:19 WIB
Menaker Hanif Dhakiri Ingatkan Pentingnya Investasi SDM Menaker Hanif Dhakiri memberikan sambutan di depan direksi dan karyawan PT Sido Muncul Tbk di Semarang (dok @KemnakerRI)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri meminta semua pihak untuk memperhatikan pentingnya investasi Sumber Daya Manusia (SDM), baik oleh pemerintah, perusahaan dan juga serikat buruh.

“Investasi SDM harus dilakukan secara sinergis oleh semua pihak, baik oleh pemerintah, dunia industri, maupun serikat pekerja/serikat buruh,” katanya saat melakukan kunjungan kerja ke Semarang, Jawa Tengah, Rabu 20 Maret 2019.

Menurut Hanif, investasi SDM diperlukan mengingat Indonesia akan menghadapi bonus demografi, dimana penduduk usia produktif akan mendominasi jumlah populasi masyarakat.

Selain itu, saat ini 58 persen dari 131 juta angkatan kerja masih berpendidikan SD-SMP. “Di luar prosentase tersebut, angkatan kerja menghadapi problem miss match lebih dari 50 persen,” tegas dia.

Oleh karena itu, lanjut Hanif, Pemerintah terus mendorong peningkatan investasi SDM di Indonesia, karena permasalahan SDM di Indonesia mencakup 3 isu, kualitas, kuantitas dan persebaran.

“Dari sisi kualitas, Indonesia memiliki role model. Tapi dari sisi jumlah masih kurang dan dari sisi persebaran belum merata,” pungkas Hanif.

Tags : Hanif Dhakiri , Kemnaker , Investasi SDM

Berita Terkait