Menaker: Pendidikan Jembatan Emas untuk Perbaiki Kualitas Hidup

| Rabu, 20/03/2019 18:34 WIB
Menaker: Pendidikan Jembatan Emas untuk Perbaiki Kualitas Hidup Menaker M Hanif Dhakiri menjadi narasumber dalam acara Seminar motivasi di Kampus UIN Wali Songo, Semarang, Rabu (20/3). (Foto: twitter @kemnaerRI)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri mengatakan bahwa siapa saja boleh bermimpi menjadi apa yang diinginkan. Kunci untuk menggapai mimpi tersebut, sebutnya, adalah pendidikan.

"Saya bisa melangkah sejauh ini karena jasa orang tua. Kedua orang tua saya percaya kepada pendidikan. Pendidikan adalah jembatan emas untuk melakukan perbaikan kualitas hidup," ujar Hanif saat menjadi narasumber seminar Motivasi `Sukses itu Mudah` di Kampus UIN Walisongo, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 20 Maret 2019.

Pada kesempatan itu, Hanif diminta untuk menceritakan kisah hidupnya hingga bisa menjadi menteri. Dihadapan mahasiswa, Hanif menyebut dirinya berasal dari keluarga sederhana.

"Saya berasal dari keluarga sederhana. Bapak guru SD dan Ibu TKI pembantu rumah tangga selama 6 tahun di Saudi Arabia. Saya juga alumni UIN Walisongo yang dulu bernama IAIN," terangnya.

Meskipun begitu, Hanif menekankan kepada para peserta seminar agar terus belajar dan bekerja keras. Dia berharap meski dari keluarga sederhana tapi bisa meraih prestasi dan menjadi pemimpin di masa depan.

"Ke depan saya berharap, seorang TKI tidak melahirkan TKI tapi melahirkan walikota, gubernur, menteri, atau bahkan presiden. Contohnya sudah ada yaitu Bapak (Presiden) Jokowi, meski berasal dari keluarga sederhana beliau bisa menjadi presiden," tandasnya. 

Oleh karena itu, lanjut Hanif, kesempatan untuk mengenyam pendidikan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Belajarlah terus-menerus. Skill kita perbaiki, kita upgrade sehingga kita bisa terus berkembang. Adik-adik harus menjadi pribadi yang di atas rata-rata. Yang menjadi pemenang bukan yang kuat, bukan yang paling pintar tapi yang paling responsif terhadap perubahan," tuturnya.

Selain Menaker, acara seminar tersebut juga menghadirkan motivator Yanuar Prihatin dan dimeriahkan oleh sejumlah artis nasional seperti Tommy Kurniawan dan Said Bajuri. 

Tags : Menaker , Seminar Motivasi , UIN Walisongo