Di Forum ILO Jenewa Swiss, Indonesia Berkomitmen Promosikan Dialog Sosial

| Jum'at, 22/03/2019 22:05 WIB
Di Forum ILO Jenewa Swiss, Indonesia Berkomitmen Promosikan Dialog Sosial Indonesia hadir di Forum Governing Body Meeting, ILO di Jenewa, Swiss, (foto: @kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Di Forum Intenational Labor Organization (ILO), Pemerintah RI melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan komitmennya untuk mempromosikan dialog sosial di semua level.

“Pemerintah RI berkomitmen untuk meningkatkan mekanisme & kelembagaan dialog sosial,” kata Karo KLN Kemnaker, Indah Anggoro Putri, pada Forum Governing Body Meeting, ILO di Jenewa, Swiss, seperti ditulis Twitter @kemnakerRI, Jumat 22 Maret 2019.

Sebagai wujud dari komitmen dalam dialog sosial, Pemerintah Indonesia telah membentuk Lembaga Kerjasama Triprtit Nasional di tingkat nasional dan daerah, Dewan pengupahan nasional dan daerah, dewan K3 serta lembaga produktivitas nasional.

Dalam kesempatan itu pula, Indah Anggoro Putri menyampaikan harapan pemerintah agar ILO memperkuat rencana aksi penguatan dialog sosial dan kelembagaan tripartit, dengan memfokuskan pada 4 aspek.

“1. Pengembangan kapasitas konstituen dan penguatan kerjasama pembangunan. 2. Penelitian dan pelatihan. 3. Upaya terkait standar ketenagakerjaan. 4. Penguatan koherensi kebijakan,” tulisnya.

Tags : ILO , Kemnaker ,

Berita Terkait