PKB Parpol Paling Berpihak Terhadap Umat Islam

| Rabu, 27/03/2019 19:26 WIB
PKB Parpol Paling Berpihak Terhadap Umat Islam Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin hadiri Konsolidasi Caleg Se-Kalbar (foto: radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei yang dilakukan pada tanggal 1-9 Maret 2019. Survei ini menyajikan tentang prefenrensi politik masyarakat Indonesia jelang Pemilihan Umum tahun 2019.

Dari hasil survei yang dirilis beberapa waktu lalu, Charta Politika melakukan survei dengan beberapa kategori, diantaranya elektabilitas parpol, parpol yang paling berpihak pada umat Islam serta parpol yang paling menjaga toleransi dan kebhinekaan.

Selain itu, Charta Politika juga melakukan survei untuk kategori parpol yang paling bersih dari korupsi serta parpol yang paling berhasil dalam pengkaderan. Diantara 5 kategori tersebut, PDIP unggul di beberapa kategori.

Kategori elektabilitas partai politik, PDIP berada di posisi teratas dengan 24,8 %, diikuti Gerindra 15,7 %, Golkar 9,8 %, PKB 7,2 % dan Demokrat 5,1 %. PDIP juga unggul di kategori paling menjaga toleransi dan kebhinekaan dengan 18,6%, Gerindra 12,7 % dan PKB 7,7 %.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi partai paling berpihak terhadap umat Islam. Partai yang dipimpin oleh Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu dipilih oleh 15,5 % responden. Kemudian posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 10,8 % dan PDIP 9,8 %.

Survei ini melibatkan sebanyak 2000 responden yang dipilih secara acak dengan Margin of Error 2,19 % dan tingkat kepercayaan 95 %. Selain itu, usia responden minimal adalah 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. 

Tags : Partai Politik , Hasil Survei , PKB