Hanif Dhakiri Apresiasi atas Loyalitas dan Pengabdian Pensiunan Kemnaker

| Senin, 01/04/2019 17:48 WIB
Hanif Dhakiri Apresiasi atas Loyalitas dan Pengabdian Pensiunan Kemnaker Menaker M Hanif Dhakiri hadiri acara Penghargaan Pegawai Pensiun Kemnaker (foto: @kemnakerri)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri memberikan apresiasi kepada pensiunan pegawai Kemnaker atas pengabdian dan loyalitas selama bekerja di acara Penghargaan Pegawai Pensiun bertema "Stay Healthy, Fun, and Happy”, Senin 1 April 2019. 

Untuk diketahui, acara tersebut merupakan wahana silaturahmi bagi para pensiunan sekaligus sebagai bentuk apresiasi Kementerian Ketenagakerjaan atas loyalitas dan pengabdian para pegawai yang sudah pensiun.

“Atas nama keluarga besar Kementerian Ketenagakerjaan, saya ingin mengucapkan terima kasih  atas kerja keras, dedikasi, loyalitas, dan pengabdian bapak/ibu salama puluhan tahun mengabdi kepada Kemnaker,” kata Menaker Hanif Dhakiri dalam sambutannya.

“Saya juga mendoakan mudah-mudahan bapak dan ibu sekalian tetap dalam keadaan sehat, fun, dan happy. Pokoknya bahagia seterusnya,” tambahnya.

Hanif menyampaikan bahwa perubahan yang terjadi di Kemnaker saat ini tidak terlepas dari kontribusi bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. “Saya ingin berpesan beberapa hal saja. Pertama, Mahathir Muhammad, usianya di atas 90 tahun, beliau bisa tetap sehat resepnya hanya satu, keep moving dan keep thinking. Dengan beraktivitas itu justru membuat semua organ tubuh kita ini terus bekerja,” katanya

“Dulu saya sering mendampingi aktivias Gus Dur. Beliau secara fisik sudah sangat lemah, tapi semakin beliau istirahat kondisinya semakin menurun. Jadi semakin banyak di rumah, semakin tidak ada kegiatan justru badannya semakin melemah,” ungkapnya.

Sebaliknya, lanjut Hanif, semakin banyak kegiatan malah semakin sehat walaupun sambil diinfus dan cuci darah dua kali seminggu. Kenapa begitu? Karena energinya menjadi lain. “Sesungguhnya yang membuat kita kuat bukan semata fisik tapi juga pikiran kita,” tambahnya.

Menurut Hanif, susah senang itu adanya di pikiran. Itulah kenapa Jack Ma bilang, kalau kamu tidak memiliki apa-apa, yang kamu butuhkan adalah semangat bukan banyak berpikir. Sesungguhnya lebih dari 90 persen penderitaan itu hanya imajinasi saja. Lepaskan itu dan lihat dunia luar. “Jika kita berpikir positif maka segalanya berjalan baik-baik saja dan sebaliknya jika berpikir negatif maka segalanya menjadi buruk. Itulah betapa dahsyatnya kekuatan pikiran,” pesannya.

“Oleh karena itu pikiran yang positif, hati yang lebih tenang, dan kegiatan yang lebih banyak itu penting untuk membuat kita bisa tetap semangat menjalani hidup. Dan yang kedua adalah perbanyak beramal soleh. Ini berlaku bukan hanya untuk yang sudah pensiun tapi juga kita semua yang masih bekerja,” tutupnya.

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,

Berita Terkait