Serikat Pekerja Nasional Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma`ruf Amin

| Kamis, 04/04/2019 22:17 WIB
Serikat Pekerja Nasional Deklarasi Dukungan untuk Jokowi-Ma`ruf Amin Capres-Cawapres Jokowi-KH Maruf Amin (dok faktanewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Dewan Pengurus Pusat Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN) merupakan federasi di bawah Konfenderasi Serikat pekerja Indonesia (KSPI). Jelang Pilpres 2019, SPN menyatakan dukungan kepada pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma`ruf Amin, Kamis, 4 April 2019.

SPN diklaim memiliki anggota terbanyak di antara anggota KSPI. SPN memiliki basis 15 provinsi dengan anggota 341.868 pekerja.

Ketua Bidang Politik, Puji Santoso memastikan dukungan SPN bakal berpengaruh besar dan dirinya juga meyakini arus yang berada di bawah sangat banyak yang mendukung pasangan Jokowi-Ma`ruf.

"Saya berani sampaikan, ini pasti akan berpengaruh besar. Kalau pun terbelah image ada di pasangan 02, tetapi fakta di lapangan tidak seperti itu. Memang framing buruh ada di pasangan 02 itu sangat ampuh akan tetapi itu tidak sampai di bawah. Justru di bawah masih sangat banyak yang mendukung Pak Jokowi," jelas Puji saat jumpa pers di Media Center Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Amin, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis, 4 April 2019.


Sementara itu, Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriyono bersama sejumlah pengurus lainnya sempat menyinggung dukungan KSPI kepada pasangan Prabowo-Sandi. Dukungan itu, ujarnya, tidak mewakili kepentingan kelembagaan federasi, khususnya federasi SPN.

"SPN merasa hanya dijadikan komoditas politik semata tanpa mempertimbangkan realitas dan nilai-nilai perjuangan buruh, yang kemudian membuat kedaulatan federasi menjadi tergerus," ujarnya.

Lebih jauh, DJoko menyampaikan bahwa dukungan yang diberikan kepada pasangan 01 karena dinilai memiliki visi yang lebih pro buruh. Selain itu juga pasangan nomor urut 01 berkomitmen meletakkan pondasi pembangunan nasional melalui penguatan sumber daya manusia, termasuk kualitas pekerja.

"Selain itu, realitas di bawah menunjukkan sebagian besar kader-kader SPN yang berpartisipasi dalam pemilu legislatif tersebar ke dalam parpol-parpol pendukung Jokowi-Ma`ruf," tutupnya. 

Tags : Serikat Pekerja Nasional , Jokowi , Pilpres 2019

Berita Terkait