Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa

| Selasa, 09/04/2019 17:57 WIB
Dana Desa Berhasil Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Anwar Sanusi (Sekjen Kemendesa PDTT).

MAKASSAR, RADARBANGSA.COM - Sekretari Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi mengatakan dana desa hingga saat ini telah berhasil meningkatkan kualitas hidup masyarakat perdesaan.

Hal tersebut dilihat dari keberhasilan pemerintah dalam menurunkan angka stunting dari 37 persen padatahun 2013 menjadi 30 persen pada tahun 2018. Selain itu, pendapatan masyarakat desa juga meningkat dari Rp500 ribu per kapita pada tahun 2013 menjadi Rp800 ribu per kapita pada tahun 2018. 

“Karena fasilitas sosial dasar perdesaan bertambah signifikan, seperti klinik desa, Posyandu. Karena ini tidak hanya untuk Balita, tapi juga untuk Lansia. Ada PAUD juga dan ragam infratsruktur dasar lainnya yang berhasil terbangun,” kata Anwar Sanudi saat Sosialisasi Pengawalan Dana Desa di Makassar, Senin 8 April 2019. 

Diketahui Kemendes PDTT) bersama Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan sosialisasi pengawalan dana desa. Kejaksaan dalam hal ini akan membantu mendampingi kepala desa mulai dari tahap merancang APBDes, tahap pemyaluran, pelaksanaan, hingga pelaporan dana desa. 

Tags : Dana Desa , Mendes PDTT Eko Sandjojo , SDM ,

Berita Terkait