Tingkatkan SDM, Kemnaker Terus Genjot Pendidikan Vokasi

| Rabu, 10/04/2019 19:10 WIB
Tingkatkan SDM, Kemnaker Terus Genjot Pendidikan Vokasi Peserta Press Tour dengan tema “Sinergi Pers dan Pemerintah dalam Pembangunan SDM Indonesia” di Makassar (foto: kemnakergoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus fokus dan konsisten menggenjot pelatihan vokasi secara massif yang merupakan program prioritas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Setelah ada arahan Presiden Jokowi 2019 untuk prioritas pembangunan SDM, Kemnaker semakin massif melakukan pelatihan vokasi, lebih digenjot lagi,” kata Karo Humas Kemnaker Soes Hindharno di Makassar, Rabu 10 April 2019. 

Menurut Soes Hindharno, konsistensi keseriusan Kemnaker dalam pelatihan diperlihatkan dengan terus melakukan beberapa terobosan, yakni massifikasi pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK), pemagangan terstruktur dan sertifikasi uji kompetensi.

"Triple skilling tersebut untuk memastikan agar daya saing tenaga kerja lebih baik dan sesuai dengan perubahan di pasar kerja," katanya. 

Soes menegaskan bahwa untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, pemerintah juga membangun BLK Komunitas di pesantren-pesantren.

Tahun 2017, lanjunya, dengan 50 BLK Komunitas, dan meningkat setahun berikutnya menjadi 75 BLK Komunitas. "Tahun 2019 naik menjadi 1.000 BLK Komunitas berbasis pesantren," ujar Soes Hindharno. 

 

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,