Menristekdikti dan Ketua DPR RI Resmikan Universita Perwira Purbalingga

| Jum'at, 12/04/2019 17:57 WIB
Menristekdikti dan Ketua DPR RI Resmikan Universita Perwira Purbalingga Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir (doc. istimewa)

PURBALINGGA, RADARBANGSA.COM - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meresmikan Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA), di Kabupaten Purbalingga, Kamis 11 April 2019. 

Dalam sambutannya, Menteri Nasir mengatakan perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat. 

“Salah satu potensi daerah Purbalingga adalah agroteknologi. Saya berharap Universitas Perwira Purbalingga berkontribusi tentang pengembangan riset di bidang agroteknologi itu. Jadi nilai tambahnya akan kita tingkatkan,tidak hanya diproduksi saja,” ujar Menteri Nasir.

Menteri Nasir menjelaskan bahwa riset dan inovasi di bidang agroteknologi tidak hanya sebatas pada bagaimana menghasilkan produksi yang lebih besar, namun sampai ke tahapan pengolahan hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan nilai tambahnya. Dengan demikian, kesejahteraan petani juga akan semakin meningkat.

“Jangan kita memperlakukan hasil pertanian setelah panen selesai, hasilnya dijual, kita enggak dapat apa-apa. Harus kita turunkan menjadi industri, sehingga kalau bisa menjadi industri bisa menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Purbalingga ini,” imbuh Menteri Nasir.

Kehadiran UNPERBA sebagai universitas pertama di Purbalingga juga diharapkan mampu meningkatkan indeks pembangunan manusia di daerah Purbalingga dan sekitarnya yang saat ini masih berada di peringkat 27 dari 35 kabupaten kota di Indonesia. “Ternyata di sini IPM-nya (Indeks Pembangunan Manusia) nomor 27 dari 35 kabupaten/kota se-Provinsi Jawa Tengah. Ini hal yang perlu kita dorong bagaimana pendidikan tinggi dapat meningkatkan satu. Kedua adalah bidang studi apa yang harus kita dorong,” ujarnya.

Sementara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, Universitas Perwira Purbalingga merupakan wujud investasi sosial kepada bangsa dan negara untuk ikut serta menyiapkan generasi bangsa yang unggul.  

“Saya berharap kedepannya keberadaan universitas ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang bermakna untuk kemajuan dunia Pendidikan di Indonesia, khususnya Pendidikan tinggi, insha allah melalui universitas ini kelak akan terciptanya intelektual yang bukan hanya memiliki kepandaian, melainkan juga memiliki kemampuan dan keterampilan berwirausaha,” tukasnya. 

 

Tags : Menristekdikti M Nasir ,

Berita Terkait