Buku Adempol, Trilogi Kebangkitan Bangsa Ala Cak Imin

| Senin, 15/04/2019 14:34 WIB
Buku Adempol, Trilogi Kebangkitan Bangsa Ala Cak Imin Kiri-Kanan: Lili Romli, Cak Imin, Lukman Hakim, Maksoem Mahfud (dok IG Cak Imin)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menghadiri launching dan bedah buku berjudul Adempol (Agama, Demokrasi dan Politik, Biografi A Muhaimin Iskandar), Senin 15 April 2019.

Buku tulisan anggota Fraksi PKB DPR RI Lukmanul Khakim ini disebut sebagai trilogi Kebangkitan Bangsa yang bersumber dari pemikiran dan jejak langkah politik Cak Imin.

“Trilogi ini bersumber dari pemikiran dan jejak langkah politik Cak Imin, yang saya awali dari catatan kecil selama nderek (ikut) Beliau,” kata Lukman di ruang rapat Fraksi PKB, DPR, Senayan Jakarta.

Lukman menambahkan, agama sebagai salah satu di antara trilogi yang disampaikan dalam buku itu sangat menarik dibahas. Agama menjadi simbol politik identitas yang semakin menguat.

“Padahal faktanya negara kita bukan negara agama, tapi seringkali agama dijadikan sebagai alat politik,” papar Lukman.

Melihat fakta tersebut, lanjut Lukman, publik hari ini harus melihat dan membaca pemikiran Cak Imin yang ia tulis dalam buku setebal 285 halaman itu. Nilai dalam agama itu harus ditransformasikan dalam bentuk kebijakan politik yang obyektif.

“Bukan agama sebagai simbol dan alat doktrinasi membangun militansi. Akhirnya lihat, agama dalam konteks sebagai rahmat itu terabaikan,” tandasnya.

Selain Cak Imin dan sang penulis buku tersebut, launching dan bedah buku dihadiri pula oleh pengamat politik Lili Romli dan Wakil Ketua PBNU Maksoem Mahfud.

Tags : Cak Imin , Trilogi Kebangsaan , Adempol

Berita Terkait