WNI di Australia Tuntut Pemilu Diulang, Cak Imin: Setuju!

| Senin, 15/04/2019 15:18 WIB
WNI di Australia Tuntut Pemilu Diulang, Cak Imin: Setuju! Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan sambutan dalam acara Majelis Taklim Bersholawat di Istora Senaya, Jakarta, Senin (8/4). (Foto: labieb/radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menanggapi munculnya petisi online, Change.org yang merilis agar pemilu Indonesia di Sydney, Australia, diulang lantaran diduga ada kecurangan dan banyak WNI yang tidak diizinkan mencoblos sehingga mereka terpaksa golput.

“Setuju dilaksanakan ulang, atau setidaknya dilakukan yang belum menjalankan. Jadi yang belum melaksanakan pemilihan umum memiliki kesempatan untuk memilih,” kata Cak Imin kepada awak media di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 15 April 2019.

Selain itu, Wakil Ketua MPR RI ini juga meminta semua pihak untuk menahan diri perihal munculnya kasus dugaan kecurangan pemilu di Malaysia belum lama ini.

“Kita tunggu saja pernyataan resmi dari KPU dan Bawaslu menyangkut apa yang terjadi di Malaysia,” kata Cak Imin.

Apabila praktik yang mencoreng demokrasi tersebut betul-betul terjadi, lanjut Cak Imin, bangsa Indonesia tentu akan sangat prihatin. “Kalau itu terjadi kita juga prihatin,” ungkapnya.

Cak Imin menegaskan persoalan tersebut perlu disikapi dengan bijak oleh masyarakat sembari menunggu hasil investigasi oleh lembaga berwenang. Dia juga mendorong netralitas KPU dan Bawaslu dalam mengusut kasus tersebut.

“Perlu penjelasan yang lebih detail, supaya tidak ada prasangka-prasangka,” tegas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , Pemilu , Australia