Wiranto Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Intervensi pada KPU/Bawaslu

| Rabu, 24/04/2019 22:06 WIB
Wiranto Tegaskan Pemerintah Tak Pernah Intervensi pada KPU/Bawaslu Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, Wiranto (Foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan bahwa Pemerintah tidak pernah intervensi terhadap penyelenggara Pemilu (KPU/Bawaslu) apalagi membangun konpirasi kecurangan.

“Tidak pernah ada pikiran, kehendak dari Pemerintah untuk melakukan intervensi terhadap kinerja KPU/Bawaslu apalagi sampai membangun konspirasi kecurangan secara terstruktur, sistematis dan massif guna memenangkan pasangan calon tertentu,” tegas Wiranto dalam konferensi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu 24 April 2019.

Menurut Wiranto, KPU dan Bawaslu bersifat mandiri, tidak tergabung dalam struktur lembaga negara manapun dan memiliki struktur sendiri. Dengan demikian tidak berada dibawah kendali Pemerintah.

“Sangatlah tidak tepat atau tidak pada tempatnya kalau melakukan fitnah, cacian, dan membuat tuduhan-tuduhan yang menyedihkan dan tidak berdasar,” tambahnya.

Wiranto menunuturkan bahwa Komisioner KPU dan Bawaslu dipilih oleh DPR RI. Sementara untuk keterbukaan dan kenetralan, KPU telah melakukan penghitungan secara transparan yang perkembangan hasilnya dapat diakses oleh siapapun setiap saat.

Tags : Pemilu 2019 , Pilpres , Pileg ,