Soal Ekosistem Ketenagakerjaan, Menaker Hanif Minta Masukan KEIN

| Rabu, 24/04/2019 22:25 WIB
Soal Ekosistem Ketenagakerjaan, Menaker Hanif Minta Masukan KEIN Menaker Hanif saat menjadi pembicara diskusi prospek ekonomi 2019-2024 di Jakarta, (foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menaker Ketenagakerjaan (Menaker), M Hanif Dhakiri meminta Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memberikan masukan agar ekosistem ketenagakerjaan bisa bertransformasi dari yang rigid/kaku menjadi lebih fleksibel.  

"Saya kasih PR ke KEIN. Intinya, kita perlu masukan dari KEIN bagaimana agar transformasi dari ekosistem yang rapuh dan rigid dan kaku itu menjadi benar-bener kita bisa didorong berubah menjadi fleksibel, " kata Hanif di Jakarta, Rabu 24 April 2019. 

Baca juga: Menaker Dorong Perbaikan Ekosistem Ketenagakerjaan yang Kaku Jadi Fleksibel

Menurut Hanif Dhakiri, bila reformasi ketenagakerjaan dijalankan maka ekosistem ketenagakerjaan akan  lebih fleksibel sehingga pekerja, pengusaha maupun pemerintah akan sama-sama senang.

“Dengan melakukan reformasi ketenagakerjaan, maka investasi akan mudah masuk karena eksosistemnya lebih bagus. Kalau kita mendorong padat karya, sangat memungkinkan apabila ekosistemnya diubah," katanya. 

Sementara masalah pengangguran, lanjut Hanif, bukan terletak di lapangan kerjanya, karena selama kurun empat tahun pemerintah telah berhasil menciptakan 10 juta lebih lapangan kerja.  Masih adanya pengangguran karena saat ini dunia usaha kesulitan mencari tenaga kerja dengan skill yang dibutuhkan.

 

Tags : Menaker Hanif Dhakiri , Industri 40 ,