Jokowi Serius Bahas Pemindahan Ibu Kota, Karding: Harus Didukung

| Selasa, 30/04/2019 09:00 WIB
Jokowi Serius Bahas Pemindahan Ibu Kota, Karding: Harus Didukung Wakil Ketua TKN, Abdul Kadir Karding saat menghadiri diskusi Vox Point Indonesia di Jakarta Pusat (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wacana pemindahan Ibu Kota Indonesia kembali menyeruak dan menjadi perbincangan rakyat Indonesia. Wacana yang disebut-sebut sudah muncul sejak era Presiden Soekarno itu kembali muncul ketika Presiden Joko Wododo menggelar rapat terbatas untuk membahasnya secara serius.

Menanggapi hal itu, Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menyatakan dukungan penuh wacana pemindahan Ibu Kota. Karding juga mengajak seluruh elemen bangsa ikut mendukung wacana tersebut.

"Wacana pemindahan Ibu Kota yang sedang dibahas serius pemerintahan Jokowi di rapat kabinet terbatas haruslah didukung dan dipikirkan serius oleh banyak pihak," kata Karding dalam keterangan resmi, Senin 29 April 2019.

Di sejumlah negara maju, Ibu Kota memang tak lagi digabung antara pusat ekonomi-bisnis dengan pemerintahan. Justru pemisahan itu akan membuat pembangunan tak lagi terkonsentrasi pada satu kawasan saja.

Buntutnya, Indonesia sentris yang sedang dijalankan pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla justru akan semakin mudah terwujud secara total. Karding menilai Indonesia berada di tangan yang tepat karena punya rencana yang berorientasi jauh maju ke depan. Dengan pemindahan ibu kota, beban yang dipikul Jakarta selama ini bisa jauh berkurang.

"Calon Ibu Kota masa depan Indonesia nanti haruslah mencerminkan konsep Indonesia secara utuh. Tapi juga yang modern, mengusung konsep go green dengan konsep smart city," ujar Karding.

Wakil Ketua TKN ini yakin, dengan perencanaan yang matang, bukan sesuatu yang sulit untuk mewujudkan itu. Dengan begitu Indonesia akan semakin punya posisi penting dalam percaaturan dunia.

"Tak ada yang tak mungkin kalau semua pihak bisa saling memberikan masukan serta pemikiran untuk kemajuan bangsa ini," ucap Karding. 

Tags : Kadir Karding , Jokowi , Ibu Kota

Berita Terkait