Suara Bertambah, Perolehan Kursi PKB di Sumbar Diprediksi Meningkat

| Kamis, 02/05/2019 21:33 WIB
Suara Bertambah, Perolehan Kursi PKB di Sumbar Diprediksi Meningkat Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Dok PKB)

PADANG, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi mengalami kenaikan perolehan suara dan kursi di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Peningkatan tersebut baik untuk Kursi DPRD Provinsi maupun DPRD kabupaten/kota.

Hal itu berdasarkan data yang diperoleh dari hasil rekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) ditingkat Kecamatan se-Sumbar.

"Alhamdulillah untuk perolehan sementara berdasarkan data dari tim kita di lapangan, untuk DPRD Provinsi PKB diperdiksi akan mendapatkan tiga kursi yaitu di Dapil Sumbar 2, Dapil 4 dan Dapil 6, masing- masing satu kursi. Ini sekaligus membuktikan PKB semakin mendapat kepercayaan di masyarakat," kata Sekretaris DPW PKB Sumbar, Firdaus dilansir dari Haluan, Kamis, 2 Mei 2019.

Dia menyampaikan, terdapat kenaikan 200 persen dimana pada Pemilu 2014 lalu PKB hanya bisa mendapatkan satu kursi di rumah bagonjong khatib sulaiman (Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat) tersebut yaitu dari dapil Sumbar 4 (Pasaman dan Pasaman Barat) atas nama Burhanuddin Pasaribu.

"Itu hitungan sementara dari tim kami. Kendati demikian, tentu kami menunggu penetapan dari KPU secara resmi," ujar Firdaus.

Tidak hanya DPRD Provinsi, kenaikan perolehan kursi yang signifikan juga terjadi dibeberapa kabupaten/kota, bahkan ada beberpa Kabupaten pada pemilu 2014 lalu tidak ada kursi PKB dan sekarang partai yang dinakhodai Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu bisa bersaing memperebutkan kursi disana.

"Untuk DPRD Kabupaten se-Sumbar PKB juga mengalami kenaikan jumlah perolehan kursinya, diperkirakan peningkatan perolehan kursi itu sampai 60 persen, dimana 2014 se Sumbar PKB hanya memiliki kursi sebanyak 19 dan pada 2019 ini untuk sementara sudah ada 27 kursi berdasarkan hitungan dari C1 para saksi dan rekap di kecamatan," paparnya.

Firdaus menjelaskan, 27 kursi tersebut berasal dari Pasaman sebanyak 4 kursi. Perolehan ini sama dengan sebelumnya, dan Pasaman Barat yakni 3 kursi. Artinya, ada kenaikan satu kursi untuk di Pasbar.

"Begitu juga dengan Lima puluh kota memperoleh 3 kursi dimana sebelumnya hanya 2 kursi. Sementara di Kota Payakumbuh sebelumnya tidak ada dan sekarang mendapatkan 2 kursi," ucapnya.

Sementara, untuk Kota Bukittinggi, Padang Panjang, Tanah Datar dan Dharmasraya, PKB berhasil memperoleh satu kursi masing-masing. Dimana Bukittinggi dan Dharmasraya ini kursinya tetap dibandingkan pemilu sebelumnya.

"Tetapi untuk Padang Panjang dan Tanah Datar, dua daerah ini baru. Karena 2014 lalu tidak ada kursi," tandasnya.

Kemudian, peningkatan signifikan juga terjadi di Kabupaten Sijunjung. PKB berhasil mendapatakan 3 kursi, masing-masing dapil satu kursi. Dimana pada 2014 `Kota Lansek manih` tersebut PKB tidak memiliki kursi.

"Solok Selatan PKB menambah perolehan kursi satu lagi, sebelumnya hanya 1 kursi dan saat ini diprediksi memiliki 2 kursi," katanya.

Sama halnya dengan Pesisir Selatan, dimana PKB mendapatakan 3 kursi dan sebelumnya hanya satu kursi. Berbeda dengan Kota Padang, PKB harus kehilangan kursinya dimana pada tahun 2014 PKB memiliki satu kursi.

"Hasil tersebut masih bersifat sementara, dan secara resmi tentu menunggu hasil dari penetapan KPU," kata Firdaus.

Firdaus atas nama besar PKB juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Sumbar yang telah mengamanahkan suaranya pada PKB, serta kepada seluruh kader yang telah berjuang bersama PKB hingga saat ini.

"Kami mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan, namun perjuangan ini belum tuntas masih perlu pengawalan sampai ditetapkannya (secara resmi) oleh KPU," ujarnya.

Tags : PBK , Sumatera Barat , DPRD , Pemilu 2019

Berita Terkait