Pemilu Serentak 2019 Dinilai Sejarah Terbesar Demokrasi Indonesia

| Senin, 06/05/2019 21:50 WIB
Pemilu Serentak 2019 Dinilai Sejarah Terbesar Demokrasi Indonesia Ilustrasi pemungutan suara. (Foto: Perludem)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 telah dilalui dengan demokratis, aman dan damai. Pemungutan suara yang digelar serentak pada 17 April 2019 lalu akan menjadi sejarah terbesar pesta demokrasi Indonesia dan kita patut bersyukur telah melaluinya dengan lancar.

Menurut Koordinator Aliansi Abadi Indonesia, Hayum Talaohu, segenap elemen masyarakat perlu memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih pada penyelenggara Pemilu yakni KPU atas kelancaran Pemilu tahun ini.

"Kita, rakyat Indonesia menjadi saksi bagaimana perjuangan penyelenggara Pemilu, KPU, telah mempersiapkan dan menyelenggarakan Pemilu terbesar sepanjang sejarah Indonesia," ujar Hayum, Senin, 6 Mei 2019.

Namun, lanjut Hayum, pihaknya bersedih dan berduka karena perjuangan penyelenggara Pemilu sampai jatuh korban jiwa. Tercatat sampai saat ini, jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia saat bertugas pada Pemilu 2019 bertambah menjadi 474 orang.

"Mereka adalah pejuang demokrasi yang patut diberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Dia menuturkan, Pemilu telah selesai, saatnya semua mengawal proses penghitungan dengan damai dan tetap menjaga kondusifitas. "Kita menunggu penetapan hasil Pemilu 22 Mei yang akan datang sambil menjaga diri, menjaga akhlak dan menjaga masyarakat, khususnya di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini," pungkasnya. 

Tags : Pemilu Serentak 2019 , Demokrasi , Sejarah Indonesia

Berita Terkait