Perolehan Kursi Naik Signifikan, Masyarakat Aceh `Demam PKB`

| Selasa, 14/05/2019 08:15 WIB
Perolehan Kursi Naik Signifikan, Masyarakat Aceh `Demam PKB` Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Dok PKB)

BANDA ACEH, RADARBANGSA.COM - Upaya Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendongkrak raihan kursi PKB dari mulai tingkat pusat sampai kabupaten kota terbilang sukses. Hal itu terbukti, PKB menjadi partai nasional yang diganderungi masyarakat Aceh, dengan kata lain masyarakat Aceh `demam PKB`.

Berdasarkan data hasil rekapitulasi sementara, PKB telah melampaui ambang batas perolehan 2014. Selain itu, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Aceh tidak hanya sukses mengirimkan dua orang kadernya ke Senayan melalui Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh I dan Aceh II sebagaimana disampaikan Ketua LPP DPW PKB Aceh, Munawar AR.

DPW PKB Aceh juga berhasil menambah kursi di DPR Aceh dari sebelumnya hanya 1 kursi, bertambah 2 kursi sehingga total menjadi 3 kursi DPRD Provinsi Aceh pada Pemilu 2019 ini.

Dilansir dari PKB.id, Selasa, 14 Mei 2019, ditingkat kabupaten/kota di Aceh, pada tahun 2014 PKB mendapat 16 kursi sedangkan tahun 2019 berdasarkan hitungan internal sementara mendapat 28 kursi.

Uniknya, ada beberapa kabupaten kota pecah telur, yang paling fantastis kabupaten Bener Meriah dari nol kursi menjadi 5 kursi diyakini akan mendapatkan jatah kursi pimpinan.

Sementara itu, Kabupaten Simeulu dan kabupaten Pidie berhasil meloloskan caleg perempuan.

Berikut daftar kabupaten/kota di Aceh yang pecah telur, antara lain:

1. Bener Meriah
Dapil 1 (2 kursi) Nama : Guntur Alam Syah dan Zulham

Dapil 2 (1 kursi) Nama : Sofyan
Dapil 3 (2 kursi) Nama : Tgk. Husnul Ilmi dan Kasim.

2. Simeulue

1 Kursi-Nama : Nurhayati.

3. Pidie

1 Kursi-Nama : Fauziah Str.Keb

4. Aceh Tenggara 

Dapil 5 (1 Kursi)-Nama : Tomi, S.Kep.Ners

5. Aceh Besar 

Dapil 5 (1 kursi)-Nama : Syahrizal

6. Kabupaten Bireun

Nama: Usman.

Tags : PKB , Aceh , Cak Imin , DPRD