Tumbuhkan Semangat Literasi, BP3TKI Lampung Gelar Pelita PMI

| Selasa, 14/05/2019 17:16 WIB
Tumbuhkan Semangat Literasi, BP3TKI Lampung Gelar Pelita PMI Pemandu Pelita PMI memberi materi kepada anak-anak PMI Lampung (dok BP3TKI Lampung)

LAMPUNG, RADARBANGSA.COM - Program Peduli Literasi Anak Pekerja Migran Indonesia (PELITA PMI) telah diselenggarakan di Balai Desa Jaya Asri, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur selama dua hari, Sabtu dan Minggu 11 – 12 Mei 2019 yang lalu.

Pelita PMI merupakan inovasi BP3TKI Lampung dalam upaya pelindungan bagi PMI dan keluarganya. Demi suksesi kegiatan tersebut, BP3TKI Lampung juga melibatkan CO KKBM (Community Organizer Komunitas Keluarga Buruh Migran).

“Program iniini merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan pengetahuan membaca, menulis, berbahasa, dan berkomunikasi yang dilakukan dengan metode bermain kepada anak-anak pekerja migran atau anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya bekerja di luar negeri,” kata pemandy program Pelita PMI, Susanti Pradini di Lampung, Selasa 14 Mei 2019.

Sudanti menjelaskan, anak-anak pekerja migran rata-rata tidak mendapatkan kasih sayang yang utuh karena salah satu atau bahkan kedua orang tuanya tidak mengasuhnya pada masa-masa emas perkembangannya.

“Makanya dalam kegiatan ini kami melibatkan salah satu orang tua kandung atau orang tua pengganti sehingga diharapkan akan memberikan wawasan baru kepada orang tua tersebut terkait bagaimana cara mendidik anak yang baik,” terang dia.

Kegiatan literasi yang diikuti oleh 25 anak dan 25 orang tua ini diklasifikasikan berdasarkan rentang usia anak. Usia anak 5 – 7 tahun, usia anak 8 – 10 tahun, dan usia anak 11 – 12 tahun. Pola literasi yang diberikan terdiri dari tiga sesi.

Sesi pertama, sesi konseling bagi orang tua atau orang tua pengganti oleh Psikolog dan berbagi pengalaman terkait pola asuh, kemudian sesi belajar sambil bermain bersama anak-anak PMI secara atraktif terkait pengenalan profesi, harapan, cita-cita, dan cara menggapainya.

Pada sesi terakhir, kegiatan dilakukan bersama-sama antara orang tua dengan anak-anak PMI. Seluruh rangkaian sesi didampingi oleh Tim Psikolog Klinis Anak.

Pada sesi penggabungan antara orang tua dan anak, mereka diminta saling membacakan harapan-harapannya yang telah dituliskan pada selembar surat.

Tags : Disnaker , Lampung , Pelita PMI

Berita Terkait