Mendes: Mulai 2019 Pemerintah Fokus Pembangunan SDM

| Selasa, 14/05/2019 22:34 WIB
Mendes: Mulai 2019 Pemerintah Fokus Pembangunan SDM Menteri Desa PDTT, Eko Sandjojo (keempat dari kanan) (foto: kemendesagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan, tahun 2019 hingga ke depan pembangunan sumber daya manusia akan menjadi fokus pemerintah.

“Pembangunan di desa dengan menggunakan dana desa telah mampu membangun infrastruktur dengan skala yang masif, berikutnya fokus pada pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat,” kata Menteri Eko Sandjojo dikutip dari laman kemendesagoid, Selasa 14 Mei 2019.

Menurut Eko, salah satu proses dari pemberdayaan sumber daya manusia yaitu mengirim kepala desa, pendamping desa, pengurus BUMDes untuk dapat belajar keluar negeri, “Kita mengadakan kerjasama dengan badan-badan dunia dan negara sahabat, mereka memberikan beasiswa mudah-mudahan tahun ini bisa dapat 1000 beasiswa untuk kepala desa, pendamping desa, belajar di luar negeri,” katanya.

Eko berharap, dengan belajar mereka bisa melihat, merasakan, dan menerapkan program-program yang baik yang ada di luar negeri tersebut ke desanya masing-masing di Indonesia sehingga percepatan pertumbuhan ekonomi di desa-desa menjadi lebih cepat dari empat tahun terakhir.

Politisi PKB itu, mengapresiasi mereka yang sudah berani menjadi perwakilan negara dan berani berbicara di depan semua delegasi, dimana di negara lain diwakili oleh pemerintah, kalau Indonesia yang langsung bicara adalah kepala desanya dan hasil dari pertemuan itu dari mereka belajar di beberapa tempat di Tiongkok akan diterapkan bisnis modelnya di desanya masing-masing.

“Mereka berkomitmen dalam tiga bulan ini sudah ada hasilnya, nanti akan saya cek apakah sesuai harapan atau tidak. Pastinya dari Kemendes PDTT akan membantu memastikan agar mereka sukses,” tegasnya.

Tags : Kemendes PDTT , Dana Desa ,