Sekjen PKB: Tak Sulit Bagi Polri Ungkap Dalang Kerusuhan Jakarta

| Kamis, 23/05/2019 20:52 WIB
Sekjen PKB: Tak Sulit Bagi Polri Ungkap Dalang Kerusuhan Jakarta Sekjen PKB, M Hanif Dhakiri (Dok Kemnaker RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), M. Hanif Dhakiri mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa tidak akan memberi ruang bagi siapa saja yang terlibat pada kerusuhan pada 21 dan 22 Mei lalu.

Hanif juga mendukung penuh langkah Polri mengungkap siapa dalang kerusuhan tersebut dan percaya dalang tersebut akan segera ditangkap.

"Dengan profesionalisme, serta bukti-bukti permulaan yang cukup, tidak terlalu sulit bagi Polri untuk mengungkap dalang kerusuhan Jakarta," kata Hanif Dhakiri dalam keterangan tertulisnya, Kamis 23 Mei 2019.

Apa lagi, Hanif melanjutkan, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Muhammad Iqbal telah menyampaikan, dari pengamatan lapangan, informasi serta barang bukti yang ada, polisi menyimpulkan bahwa kerusuhan yang terjadi bukanlah kerusuhan yang tiba-tiba, tapi by design.

"Semua pihak harus mendukung langkah Polri mengusut dalang kerusuhan Jakarta," tambahnya.

Hanif menilai upaya polisi menungkap aktor intelektual kerusuhan menjadi penting guna mengetahui aktor yang terlibat, penyandang dananya, serta motif yang melatarbelakangi.

"Kami yakin polisi tak hanya menangkap pelaku lapangan, tapi sampai ke dalangnya," tegas Hanif.

Hanif juga menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada soliditas Polri dan TNI dalam menangani aksi kerusuhan. Polri dan TNI telah bertindak professional, sehingga aksi mudah redam dan terlokalisir hanya di beberapa titik.

Dia pun mengimbau masyarakat beraktivitas normal seperti biasa serta jangan mudah terprovokasi untuk mengikuti unjuk rasa dan kerusuhan yang bertujuan mendelegitimasi Pemilu.

"Jika ada yang tidak puas dengan hasil Pemilu, harus diselesaikan secara konstitusional melalui Mahkamah Konstitusi,"tutup dia.

Tags : Hanif Dhakiri , PKB , Aksi 22 Mei