Menhub Minta Muatan Kapal Tak Lebihi Kapasitas

| Minggu, 26/05/2019 19:33 WIB
Menhub Minta Muatan Kapal Tak Lebihi Kapasitas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (foto: setkab)

KOTAWARINGIN BARAT, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengingatkan muatan kapal tidak melebihi kapasitas demi keselamatan para penumpang.

“Satu hal yang penting adalah keselamatan. Keselamatan dalam masa mudik berkaitan dengan jumlah pemudik khusunya penumpang kapal yang harus sesuai dengan izin yang diberikan oleh Dirjen Perhubungan Laut,” kata Menhub Budi Karya Sumadi di Kotawaringin Barat, Kalteng, dikutip dari laman setkabgoid, Minggu 26 Mei 2019.

Menurut Budi Karya, penumpang kapal harus sesuai dengan kapasitasnya karena didalamnya ada daftar manifes. Hal ini untuk mengontrol antara jumlah penumpang di darat dan di dalam kapal.

Selain itu, Menhub juga meminta kepada Otoritas Pelabuhan dan badan usaha penyelenggara angkutan kapal memastikan ketersediaan alat-alat keselamatan di dalam kapal.

“Selain masalah over-kapasitas, tentunya penggunaan alat-alat keselamatan harus diwajibkan kepada mereka (pemudik). Saya harapkan Pelni dan seluruh stakeholder dapat melaksanakan kegiatan dengan baik,” ujar Menhub.

Tags : Menhub , Mudik Lebaran ,