Pemerintah Terus Berupaya Berikan Kenyamanan Bagi Jemaah Haji Indonesia

| Selasa, 18/06/2019 18:19 WIB
Pemerintah Terus Berupaya Berikan Kenyamanan Bagi Jemaah Haji Indonesia Jemaah Haji (foto: kemenag.go.id)

TANJUNG PINANG, RADARBANGSA.COM - Pemerintah terus berupaya memberikan kenyamanan bagi jemaah haji Indonesia, termasuk memberikan pelayanan terbaik selama berada di penginapan Makkah.

Menurut Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, salah satu layanan yang tersedia di hotel atau penginapan Makkah adalah penyediaan air minum.

“Selama ini kebanyakan jemaah berpikiran air minum ini melekat dengan pelayanan katering, jadi hanya diperoleh pada saat diberikan bersama makanan saja. Padahal tidak, karena tiap hotel harus menyediakan air minum, dan ini terlepas dari fasilitas yang ada pada layanan katering. Jadi jemaah berhak meminta kepada pihak hotel kalau itu tidak tersedia,” tegas Ilham Lubis dikutip dari laman kemenaggoid, Selasa 18 Juni 2019.

Ilham Lubis menjelaskan bahwa berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang ditetapkan, tiap jemaah berhak memperoleh satu liter air minum per jemaah per hari selama berada di penginapan Makkah.

Pihak penginapan juga diminta menyediakan air zamzam yang ditempatkan pada dispenser termasuk berhak mendapatkan fasilitas lain seperti handuk serta perlengkapan mandi.

“Layanan yang belum banyak jemaah tahu adalah ganti seprai. Jemaah banyak yang mengira selama di Makkah, ya seprainya itu saja. Padahal ada tiga lembar seprai beserta sarung bantal yang tersedia bagi jemaah. Tinggal komunikasikan saja kepada pihak pengelola,” jelas Sri Ilham.

Tags : Haji 2019 ,

Berita Terkait