Jelaskan Materi ToT, Saksi TKN Anas Nashikin Analogikan `Minum Konidin`

| Jum'at, 21/06/2019 19:29 WIB
Jelaskan Materi ToT, Saksi TKN Anas Nashikin Analogikan `Minum Konidin` Suasana sidang PHPU 2019 di gedung Mahkamah Konstitusi (dok Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Tim Pengacara TKN Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin menghadirkan saksi untuk memberikan keterangan soal materi Training of Trainer dalam sidang sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat, 21 Juni 2019.

Dalam sidang yang awalnya hening tiba-tiba pecah saat Anas Nashikin yang juga Koordinator bidang pelatihan di Direktorat Saksi TKN Jokowi-Ma’ruf Amin memberikan analogi obat batuk untuk menjawab pertanyaan Iwan Satriawan, pengacara Prabowo-Sandiaga Uno.

“Jadi pada saat penyusunan dulu, situasinya tidak seperti ini sebetulnya. Jadi kira-kira filosofinya begini, ‘Anda Batuk, mau batuk kering atau batuk ini minum konidin, nah kira-kira begitu,” kata Saksi TKN, Anas Nashikin.

“Jadi ini kecurangan, jenisnya ini ini, jadi dalam pemilu itu ada kecurangan, jenis kecurangan sebelum, hari H, kecurangan pasca Pemilu, dan itu kalian harus antisipasi. Pakai apa? Pake aplikasi namanya JAMIN. Jadi filosofinya waktu itu sederhana,” tambah Anas.

Kemudian pengacara Iwan Satriawan menanyakan maksud pernyataan Nashikin tersebut. Lalu kader PKB itu melanjutkan analoginya tersebut, “jangan dibalik, karena kalau dibalik bahaya, Anda minum konidin maka Anda batuk, maka ini akan bahaya,” katanya, disambut gelak tawa para hadirin.

Tags : Sidang Sengketa MK , Pemilu 2019 , Konidin

Berita Terkait