Menaker Hadiri Pengesahan Deklarasi 100 Tahun ILO

| Senin, 24/06/2019 18:06 WIB
Menaker Hadiri Pengesahan Deklarasi 100 Tahun ILO M Hanif Dhakiri (Menaker RI). (foto: @kemnakerri)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menghadiri acara puncak pertemuan ILC yang berlangsung di Jenewa, Swiss. Acara tersebut yakni pengesahan Deklarasi 100 Tahun ILO (International Labour Organization) atau Organisasi Perburuhan Internasional.

Pertemuan secara rutin diselenggarakan oleh ILO setiap tahun dan memiliki mandat untuk menyusun dan mengesahkan berbagai standar internasional ketenagakerjaan, membahas berbagai kebijakan mengenai kerja layak, dan mengesahkan resolusi terkait pedoman kebijakan ILO. Pertemuan dihadiri oleh delegasi wakil pemerintah, pekerja dan pengusaha dari 187 negara anggota ILO.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia turut mendorong pengesahan deklarasi ILO tentang kerja masa depan. Hal itu sesuai dengan agenda Pertemuan ke-108 Konferensi Perburuhan Internasional (International Labour Conference/ILC) secara resmi mengesahkan “Deklarasi 100 tahun International Labour Organization (ILO) untuk Kerja Masa Depan” (ILO Centenary Declaration for the Future of Work).

“Deklarasi bersejarah tersebut memuat pembaharuan komitmen dunia internasional dalam menciptakan keadilan sosial dan perdamaian abadi sebagaimana tertuang dalam Konstitusi ILO 1919. Dalam hal ini, semua negara beserta pekerja dan pengusaha diminta untuk memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan kerja masa depan,” ujar Hanif dalam keterangan pers melalui Biro Humas Kemnaker RI di Jakarta, Senin, 24 Juni 2019.

Tags : Menaker , Deklarasi 100 tahun ILO , Jemewa , Buruh

Berita Terkait