Menteri Eko Sandjojo Apresiasi PT Astra International Kembangkan Perdesaan

| Selasa, 25/06/2019 18:25 WIB
Menteri Eko Sandjojo Apresiasi PT Astra International Kembangkan Perdesaan Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa PDTT). (Dok Kemendesa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengapresiasi kepedulian PT Astra International Tbk yang peduli terhadap pengembangan desa di Indonesia. Ia minta Astra tetap tekun membantu peningkatkan pemerataan ekonomi dan mengurangi kesenjangan khususnya perdesaan.

"Astra harus bersabar dalam membangun desa, karena mayoritas kepala desa masih lulusan SD dan SMP. Jadi butuh ketekunan," ujarnya saat menjadi keynote speaker pada Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019 di Jakarta, Selasa 25 Juni 2019.

Meski demikian, Eko memastikan bahwa kepala desa memiliki kemampuan yang mumpuni jika diberikan pendampingan. Terbukti, penyerapan dana desa selalu mengalami peningkatan, bahkan mencapai 99 persen dari Rp60 Triliun pada tahun 2019.

"Kepala desa ini kalau didampingi, mereka mampu. Jadi Astra jangan kecil hati. Penyerapan dana desa tahun 2015 sebesar 82,72 persen dari Rp20,67 Triliun, namun mengejutkan pada tahun 2016 yang penyerapannya meningkat tajam menjadi Rp97,65 persen dari Rp46,9 Triliun. Bahkan tahun lalu (2018) sudah lebih dari 99 persen (penyerapan dana desa) dari Rp60 Triliun," ungkapnya.

Eko mengatakan, pengembangan perdesaan yang dilakukan Astra tak hanya dukungan berupa fasilitas finansial, namun juga dalam bentuk pendampingan dan pasar. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan perdesaan saat ini.

"Semoga ini menginspirasi perusahaan lainnya. Astra sekali kick off (desa sejahtera Astra 2019) 275 desa. Ini luar biasa," ujarnya.

Tags : Menteri Eko Sandjojo , Desa ,

Berita Terkait